Lima KKKS Hemat Eksplorasi Migas US$ 20 Juta

VIVAnews - Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) menyatakan lima Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang memiliki wilayah kerja dalam satu region telah melakukan penghematan biaya eskplorasi dan eksploitasi migas di wilayah kerja mereka. Jumlahnya antara US$2-20 juta.

"Mereka sudah melakukan mekanisme kerjasama ini sejak tiga bulan yang  lalu," ujar Kepala BPMigas R Priyono di Jakarta, Jumat 5 Desember 2008.

Menurut dia, selama ini dalam pengadaan barang dan jasa seperti rig dan helipad lima KKKS itu melakukannya sendiri-sendiri, sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi mahal. Dengan melakukan penyewaan serta transaksi dalam pengadaan barang dan jasa tersebut biayanya menjadi murah.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Priyono menjelaskan, KKKS yang melakukan kerjasama ini diantaranya Energy Mega Persada (EMP) dan Santos yang memiliki wilayah kerja di Jawa Timur.

Disinggung mengenai Pertamina yang tidak masuk dalam kelompok KKKS yang melakukan penghematan, dia menjelaskan perusahaan migas plat merah itu memiliki wilayah kerja minyak dan gas yang luas sehingga sulit melakukan mekanisme kerjasama dengan perusahaan lain.

Pelatih Persija, Thomas Doll

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll senang dengan kemenangan anak asuhnya atas Rans Nusantara FC dalam pertandingan pekan ke-33 Liga 1. Persija menang dengan skor 1-0.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024