DPD Juga Ingin Punya Dana Aspirasi

Anggota DPD Jhon Pieris (Maluku) dan La Ode Ida (Sulawesi Tenggara)
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Dewan Perwakilan Daerah juga meminta Dana Alokasi Khusus Desa Rp 1 miliar untuk setiap desa di Indonesia. Dana itu seperti dana aspirasi yang diusulkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

"Kalau DPR diberikan Dana Aspirasi, DPD juga sudah sepantasnya mendapatkan karena sama-sama lembaga perwakilan," kata Jhon Pieris, Ketua Komite IV DPD, di kantornya, Jakarta, Senin 28 Juni 2010.

Menurut Jhon, Dana Aspirasi akan diberikan untuk setiap desa. DPD berfungsi sebagai pengawal alokasi dan penyerapan dana tersebut. Model Dana Aspirasi ini, kata Jhon, dimiliki senator di Brasil dan Amerika Serikat.

Menurut senator dari Maluku itu, mengegolkan Dana Aspirasi ini memang tidak mudah karena harus dibahas juga di musyawarah perencanaan dan pembangunan atau musrenbang. Namun empat komite di DPD sepakat untuk membahasnya lebih lanjut.

Sementara itu, Komite I, II, III dan IV DPD membuat pertemuan di gedung DPD. Rencananya menyoroti rencana kenaikan tarif dasar listrik.

Usulan Dana Desa sebesar Rp 1 miliar telah dikemukakan Partai Golkar sebelumnya. Namun usulan ini mendapat penolakan massal dari sejumlah partai-partai lain karena dianggap akan memberatkan APBN. (umi)

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia
Rizky Febian dan Mahalini

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk

Rizky Febian dan Mahalini akhirnya resmi menikah. Berita-berita terkait hal ini pun sukses memantik perhatian pembaca. Satu yang tak kalah dilirik soal keluarga Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024