Benakat Pemegang Kedua Mayoritas Saham Elnusa

kilang minyak
Sumber :
  • www.dpi.vic.gov.au

VIVAnews - PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) secara resmi menjadi pemegang saham kedua terbesar di PT Elnusa Tbk (ELSA).

Pasalnya, per 5 Juni 2010, perusahaan energi terintegrasi yang baru melakukan pencatatan saham perdana (IPO) di Februari 2010 kini tercatat memiliki 2.711.565.890 lembar saham Elnusa atau menguasai 37,15 persen saham.

"Kami bersyukur bahwa transaksi akuisisi ini bisa berjalan sesuai harapan dan berharap ke depan BIPI bisa terus tumbuh dan berkembang untuk menjadi salah satu emiten favorit di sektor energi di Bursa Efek Indonesia," tutur Arifin Wiguna, direktur utama BIPI melalui keterbukaan informasi perseroan di Jakarta, Selasa 6 Juli 2010.

Arifin menambahkan, investasi di ELSA ini sejalan dengan strategi bisnis perseroan untuk memperbesar portofolio aset energi dan sekaligus melengkapi lini jasa minyak dan gas.

Sebagai latar belakang, BIPI pertama kali mengumumkan rencana akuisisi ELSA pada tanggal 11 Februari 2010 dengan harga pembeliannya Rp 330 per saham atau senilai total Rp 894,82 miliar. Hal itu tertuang dalam Conditional Share Sale and Purchase Agreement (CSSPA) tertanggal 10 Februari 2010.

Kemudian BIPI dan PT Tridaya Esta (TDE) telah menyelesaikan pemenuhan syarat CSSPA pada 12 Maret 2010 atau lebih awal dari kesepakatan sebelumnya yang dijadwalkan pada tanggal 30 April 2010, sehingga per tanggal 12 Maret 2010 BIPI telah memiliki 24,60 persen ELSA dengan menyetorkan Rp592,5 miliar kepada TDE.

Sedangkan sisa pembelian saham Elnusa tahap kedua sebesar Rp302,5 miliar atau 12,55 persen telah dirampungkan hari ini. Saat ini selain BIPI, pemegang saham terbesar di ELSA adalah PT Pertamina (Persero) sebesar 41,10 persen dan publik lainnya sebesar sebesar 27,75 persen.

Kenaikan Kinerja

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Sementara itu, Benakat terus berupaya meningkatkan kinerja melalui strategi pertumbuhan organik maupun non organik. "Kami menargetkan pencapaian laba bersih sebesar Rp20 miliar di kuartal II-2010," ujar Ferdy Yustianto, direktur BIPI.

Kontribusi kinerja selain diperoleh dari anak perusahaan juga akan turut didukung pendapatan dari investasi di ELSA. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham Perseroan melalui peningkatan kinerja dan pencapaian rencana jangka panjang menjadi perusahaan terdepan di industri energi. (adi)

Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024