Daun Jambu Biji dan Kunyit Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Pencernaan, Ini Kata Ahli Herbal

Daun jambu biji
Sumber :
  • pixabay/ balouriarajesh

JAKARTA – Masalah pencernaan bisa menyerang siapapun di waktu yang tak terduga. Pemicu masalah pencernaan bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti makan makanan sembarangan, telat makan, hingga makan makanan yang diolah secara tidak tepat.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Mengobati masalah pencernaan seringkali dikaitkan dengan pengobatan herbal. Alternatif yang satu ini dipercaya ampuh mengatasi berbagai penyakit dalam tubuh dengan cara yang aman tanpa ada campuran bahan kimia.

Faktanya, memang ada beberapa obat herbal seperti daun-daunan dan rempah-rempah yang berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Pertama adalah daun jambu biji yang terkenal ampuh untuk mengatasi diare. Masalah pencernaan yang satu ini membuat penderitanya terus-terusan buang air besar bahkan lebih dari tiga kali dalam satu hari. Kondisi tersebut lantas bisa membuat tubuh terasa lemas karena kekurangan cairan.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Daun jambu biji mengandung senyawa antibakteri diantarannya ada Tanin, Minyak atsiri (E globulus) dan Alkaloid. Kandungan itu membuat daun jambu biji sebagai tanaman alternatif untuk mencegah penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli.

"Fakta, daun jambu biji mmgandung tanin, anti-diare, dan bisa mengatasi sakit perut. Tetapi saat diare tidak hanya mengonsumsi air rebusan daun jambu biji saja, diikuti juga dengan mencukupi cairan supaya ngga dehidrasi," kata Dokter Muthoharrah, dalam tayangan Hidup Sehat TVONE, Rabu 3 Oktober 2023.

Cara membuat air rebusan daun jambu biji untuk mengobati diare adalah memisahkan setiap helai daun dari bagian batangnya terlebih dahulu. Kemudian rebus daun tersebut ke dalam air yang sudah ditakar sebanyak satu gelas. Ramuan ini dapat diminum sebanyak tiga kali dalam sehari hingga diare berhenti.

"Jangan lupa kalau mengolah herbal dipotong kecil-kecil dan dicuci," tambahnya.

Selain diare, masalah pencernaan lainnya yang sering kali menyerang secara tiba-tiba adalah sakit maag. Penderita sakit maag merasakan nyeri di bagian lambungnya akibat telat makan atau makan makanan yang salah. 

Kunyit

Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

Adapun obat herbal yang dapat meredakan sakit maag adalah kunyit. Bahan dapur yang satu ini mengandung kurkumin yang berfungsi untuk mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

Sehingga, dengan mengonsumsi air kunyit rasa nyeri di lambung dapat berkurang.

"Kunyit mengandung kurkumin. Dia berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mengatasi nyeri berlebih pada lambung," kata dokter Muthoharrah.

Daun jambu biji

Photo :
  • pixabay/ balouriarajesh

Takaran untuk membuat ramuan herbal ini adalah cukup dengan kunyit sebesar ibu jari yang kemudian direbus dengan air sebanyak satu gelas. 

Di samping itu, kunyit juga bermanfaat untuk meredakan nyeri datang bulan bagi para wanita. Tetapi, dalam kasus nyeri datang bulan ini, dokter Muthoharrah menyarankan agar mengonsumsi minuman kunyit yang sudah dijual di pasaran saja karena dosisnya sudah tertakar dan disertakan oleh bahan lain yang mendukunya mengatasi nyeri datang bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya