Pengusaha Akhirnya Terima Kenaikan TDL

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Walau dengan berat hati, kalangan pengusaha akhirnya menerima keputusan kenaikan tarif dasar listrik rata-rata sebesar 10-15 persen dan maksimal 18 persen.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan perwakilan pengusaha berembug membahas rencana kenaikan tarif listrik. Sebelumnya diputuskan bahwa kenaikan listrik maksimal terjadi pada level batas atas sebesar 18 persen.

"Kami dari kalangan dunia usaha terpaksa menerima keputusan kenaikan," kata PJS Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin), Adi Putra Thahir dalam konferensi pers di Kantor  Pusat PLN, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Kamis, 22 Juni 2010.

Menurut Adi, kalangan dunia usaha mengaku memahami kondisi PLN yang bakal mengalami kesulitan operasi jika tarif listrik tidak dinaikkan. Selain itu, dia mengatakan, PLN juga sebetulnya menjadi korban dari politik anggaran yang ada saat ini.

Keterpaksaan serupa disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi. Menurutnya, pelaku usaha menerima keputusan kenaikan tersebut walaupun tidak dengan senang hati. "Kamu terima dengan sangat berat hati," jelas Ketua

Sofjan meyadari kenaikan tarif dasar listrik itu  bertujuan menutupi kekurangan anggaran subsidi listrik dalam APBN sebesar Rp 4,8 triliun yang memang harus dipenuhi PLN.

Apindo juga menganggap PLN saat ini sedang membutuhkan dana cukup besar guna mendanai kegiatan investasi perusahaan.

Kendati menerima dengan terpaksa, Apindo memberikan catatan agar pemerintah segera memperbaiki kebijakan energi nasional, terutama menyangkut komitmen pemenuhan kebutuhan energi demostik berupa gas.

Selain itu, pemerntah diminta agar tidak menaikkan listrik secara dadakan sehingga tidak akan lagi muncul perdebatan antara kalangan pengusaha dengan pemerintah soal kenaikan TDL tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Bagi kalangan dunia usaha, Apindo mengimbau agar kenaikan harga barang tidak dibuat dalam persentase yang berlebihan. Pengusaha juga diminta untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024