Lembaga Proyek Pemerintah-Swasta Dipangkas

Konstruksi
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah memangkas lembaga yang terlibat dalam struktur program kemitraan swasta dan pemerintah (publik private partnership/PPP) dari empat kelompok kerja menjadi hanya dua. Langkah penyederhanaan ini merupakan bagian dari upaya perbaikan iklim investasi.

"Hal-hal yang berkaitan dengan penunjang dan segala macam, cukup melalui kesekretariatan," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, usai rapat koordinasi Kementerian Perekonomian di kantornya, Jakarta, Senin 26 Juli 2010.

Menurut Hatta, dua lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan program PPP adalah Kementerian Perdagangan yang khusus bertanggung jawab dalam hal yang berkaitan dengan kegiatan ekspor.

Satu lembaga lainnya adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang berkaitan dengan kegiatan investasi.

Selain penyederhanaan lembaga yang terlibat, pemerintah juga segera menyelesaikan restrukturisasi pada program PPP. Salah satu butir restrukturisasi adalah akan munculnya sebuah sistem layaknya back office dan front office untuk seluruh proyek-proyek yang ditawarkan.

"Program digodok di kementerian dan Bappenas. Setelah matang, diserahkan sepenuhnya ke BKPM untuk ditawarkan," tutur Hatta.

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Kepala BKPM, Gita Wirjawan, mengatakan langkah pemerintah untuk menawarkan proyek PPP bukan sekadar wacana. "Semangatnya penyederhanaan (prosedur) investor yang datang ke Indonesia. Misalnya untuk membangun jembatan, pembangkit listrik, atau segala sesuatu yang tertera di PPP," katanya.

Gita menambahkan, BKPM dalam waktu dekat akan segera menandatangani kerja sama dengan Bappenas perihal pengalihan PPP ini. Saat ini, draf PPP sudah siap dan akan dibahas tim teknis.

"Nantinya semua menjadi jelas. Dalam waktu sekian hari, sekian minggu itu perizinan beres dengan pusat dan daerah," kata Gita.

Como 1907

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia

Como mengakhiri penantian 21 tahun untuk kembali ke Serie A setelah bermain imbang 1-1 dengan Cosenza di Stadio Comunale G. Sinigaglia, Sabtu dini hari WIB, 11 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024