Asing Masih Dominasi Kepemilikan Saham

Pialang di lantai Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Investor asing mendominasi kepemilikan aset saham yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 30 Juli 2010. Kepemilikan asing mencapai Rp966,23 triliun atau setara dengan 67 persen aset saham.

Menurut Direktur KSEI, Sulistyo Budi, jumlah kepemilikan ini meningkat 38 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp696,65 triliun. "Memang kepemilikan asing lebih banyak, tapi tidak jauh berbeda dengan kondisi tahun lalu," kata dia di Jakarta, Selasa 10 Agustus 2010.

Hal yang sama juga ditunjukkan dalam kepemilikan aset saham yang dimiliki investor lokal. Investor lokal memiliki aset saham senilai Rp474,24 triliun atau naik 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya, Rp361 triliun. Total aset yang dikelola KSEI hingga akhir Juli 2010 sebesar Rp1.577 triliun, atau meningkat dari posisi sebelumnya Rp1.171 triliun.

Sementara itu, total aset obligasi korporasi dan sukuk yang dimiliki investor lokal sebesar Rp102,02 triliun atau sebanyak 98 persen dari total aset tersebut. Jumlah itu meningkat 30 persen dibandingkan data pada periode sama tahun lalu sebesar Rp77,84 triliun.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Sedangkan aset yang dimiliki oleh asing hanya sebesar Rp2,41 triliun. Angka ini turun 6 persen dari 31 Juli 2009 sebesar Rp2,58 triliun.

KSEI juga mencatat adanya penurunan jumlah subrekening dibandingkan tahun lalu. Jumlah subrekening efek yang tersimpan berkurang 12 persen menjadi 298.322 rekening per Juli tahun ini. Sedangkan jumlah subrekening Juli 2009 sebanyak 339.352 rekening.

Sulistyo menjelaskan, penurunan subrekening itu disebabkan oleh penerapan aturan biaya pemeliharaan subrekening tidak aktif atau dormant account yang bertujuan meningkatkan efisiensi kinerja KSEI. 

Rekening yang kosong, menurut dia, jika selama enam bulan dibiarkan akan dikenakan biaya. Rekening tersebut biasanya berupa rekening Obligasi Ritel Indonesia. "Rekening ORI yang lama tidak lagi digunakan oleh pemilik lama, mereka biasanya setelah ada ORI, baru buka lagi yang baru," ujar dia. (art)

Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024