Suap Innospec, Pertamina Pasrah Pada KPK

BBM: Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT Pertamina menyerahkan sepenuhnya kasus yang pernah membelit sejumlah pejabat negara, termasuk petinggi Pertamina atas kasus suap jual beli tetra ethyl lead (TEL) bahan campuran bensin bertimbal kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Penyuapan ini melibatkan Innospec Limited, perusahaan yang memprooduksi TEL.

"Kami hanya bisa berharap kasus ini bisa diselesaikan secepatnya, dan bisa segera memperbaiki nama Pertamina," kata juru bicara Pertamina M Harun saat dihubungi VIVAnews, Rabu 11 Agustus 2010.

Innospec yang berbasis di Ellesmere Port, Inggris, terbukti bersalah telah menyuap petinggi Pertamina dan pejabat Departemen Energi terkait penjualan bahan TEL.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Penyuapan dilakukan kepada pejabat Indonesia untuk mencegah  penggunakan alternatif BBM yang lebih aman dengan menyingkirkan bensin bertimbal. Padahal, bahan TEL itu berbahaya dan telah dilarang di negara-negara Barat karena diduga kuat menimbulkan kerusakan otak pada anak-anak.

Menurut Securities and Exchange Commission (SEC), Turner dan rekan-rekannya menyuap lebih dari US$2,8 juta untuk pejabat di Indonesia antara tahun 2000 hingga 2005.

Salah satu pejabat Pertamina yang disebut-sebut adalah direktur "S" yang kini sudah pensiun. Saat ini S belum bisa dikonfirmasi. VIVAnews berusaha menghubungi S, namun panggilan telepon selularnya tidak dijawab.

Pengadilan Amerika telah memberikan hukuman kepada eksekutif Innospec Limited, David Turner (55) dalam kasus suap itu. Petinggi Innospec itu  dihukum membayar denda 25.000 poundsterling atau Rp354 juta oleh pengadilan Amerika.

Sanksi ini merupakan hukuman pengadilan Inggris pada Maret lalu mengganjar Innospec membayar denda US$12,7 juta. Innospec dinyatakan bersalah pada Maret dalam sebuah tuntutan bersama yang diajukan Badan Korupsi Inggris atau Serious Fraud Office (SFO) dan penyidik AS.

"Perbuatan ilegal yang dilakukan Turner memungkinkan Innospec mendapatkan kontrak dengan cara yang tidak semestinya, dan menuai jutaan dolar keuntungan ilegal," Cheryl Scarboro, seorang pejabat senior SEC, seperti dimuat laman Guardian, Senin lalu.

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024