Mentan: Bahaya, Terlalu Banyak Impor Pangan

Produk Impor Ilegal : Menteri Pertanian Suswono
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengingatkan, alarm tanda bahaya kalau Indonesia terus mengutamakan kebutuhan pangan dari impor.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Ia termasuk orang yang tidak setuju dan akan berusaha memenuhi kebutuhan pangan dari dalam negeri.
 
"Kami terus akan memperkuat ketahanan pangan kita, karena fokus dunia juga sedang mengalami masalah pangan," kata Suswono di Kantor Menko Perekonomian, Rabu 18 Agustus 2010. "Indonesia tidak bisa tergantung impor, karena bahaya."
 
Untuk itu, Suswono meminta agar pihak-pihak tertentu jangan berperasangka negatif dalam program lumbung pangan (Food Estate) di Merauke.
 
"Food Estate di Merauke itu untuk mengganti konversi di Jawa yang mencapai 100 ribu hektare per tahun menjadi lahan tidak produktif, makanya kita genjot di Merauke," kata Suswono.

Namun, Suswono mengakui, tidak secara cepat jutaan hektare lahan akan diubah, sampai 2014 mendatang hanya 380 ribu hektare saja yang digunakan. "Dan ingat, Food Estate di Merauke itu bukan lahan hutan, sejak dari dulu itu lahan yang akan digunakan flat tidak ada hutan," ujarnya.
 
Saat ini, pemerintah baru menyusun tahap awal di mana yang sudah mendapat persetujuan dari Badan Koordinasi Penataan Ruang adalah sekitar 700 ribu hektare.
 
Selain soal Food Estate, kata Suswono, pemerintah juga terus mendorong penelitian dalam negeri baik LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) maupun BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) soal tanaman transgenik.
 
Pengembangan teknologi transgenik ini dilakukan, karena selama ini untuk memenuhi kedelai, Indonesia terlalu banyak impor kedelai transgenik dari luar negeri.
 
"Kita mau mengembangkan di dalam negeri banyak yang protes, tapi kita impor. Padahal, kajian yang menyebut transgenik berbahaya juga tidak ada, untuk itu kami dorong," kata Suswono.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Tanaman transgenik dikembangkan, karena ke depan kondisi global dan utamanya Indonesia harus memiliki jenis-jenis tanaman yang tahan penyakit. (hs)

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024