Diancam Partai, Eks Anggota DPRD Lapor LPSK

Barang bukti illegal logging diamankan
Sumber :

VIVAnews - Abdul Wahab Kiak, pengungkap kasus dugaan mafia kehutanan meminta perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Mantan anggota DPRD kabupaten Nunukan ini mengaku, mendapat ancaman dari partai tertentu. Ancaman didapat setelah dia mengungkap adanya pelanggaran dalam pemberian izin pengelolaan hutan di Nunukan, Kalimantan Timur.

"Saya minta perlindungan hukum dengan adanya ancaman dari partai. Kekhawatiran saya, kalau itu benar-benar terjadi, kan repot saya," kata Abdul Wahab di kantor LPSK, Jakarta Pusat, Kamis 6 Januari 2010.

Wahab mengaku mendapat ancaman melalui pernyataan di beberapa media massa yang menyebut, tindakannya itu mencemarkan partai tertentu. Padahal, Wahab mengaku tidak pernah menyebut nama partai apalagi si pengurusnya.

Laporan yang dibuat adalah terhadap 29 perusahaan milik pengusaha yang juga pengurus partai. "Saya tidak pernah menyebut nama partai ataupun kadernya," kata dia.

Menurut Wahab, dia melaporkan adanya mafia hutan ini karena semata-mata hanya gerakan moral karena kecintaannya kepada tanah kelahirannya, dan tidak ada motif menyerang partai tertentu. Selain ancaman dalam bentuk pernyataan di media massa, Wahab juga mengaku pernah mendapat telepon berupa teror.

"Saya ditelepon dibilang, 'Hati-hati kamu, kamu sudah melaporkan'," ucap Wahab menirukan. Selain itu, dia juga pernah diancam oleh 11 orang pria yang datang kerumahnya dan mengancam.

Muspani, kuasa hukum Wahab menilai, ancaman kepada kliennya sudah serius. Apalagi kliennya mencoba mengungkap mafia hutan yang merusak tanah kelahirannya.

"Ancaman ini besar sekali, karena ini dilakukan oleh partai besar. Kalau mau ngomong whistle blower, ini yang sesungguhnya," kata Muspani.

Sementara, komisioner LPSK Lili Pintauli Siregar mengatakan, pihaknya akan menelaah permohonan Wahab selama tujuh hari. "Kami baru menerima laporan. Selama tujuh hari kita telaah dan dalami, setelah itu kita bawa ke paripurna. Lalu kita akan sampaikan bentuk perlindungannya," katanya. (sj)

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev
Ilustrasi emas batangan Antam.

Harga Emas Hari Ini 10 Mei 2024: Produk Global dan Antam Meroket

Harga emas internasional dan produk Antam mengalami kenaikan pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024