KPK Kaji Pengelolaan Dana KONI dan PSSI

Latihan Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengkaji pengelolaan dana pembinaan olahraga nasional yang dikelola oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) maupun Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Wakil Ketua KPK Mochamad Jasin mengatakan, kajian pengelolaan dana pembinaan olahraga dan persepakbolaan nasional ini akan menjadi prioritas KPK pada 2011.

"Sebenarnya tidak hanya gratifikasi, tapi mengarahnya pada kajian itu. Ya, menjadi prioritas tahun ini," ujar Jasin kepada wartawan di Jakarta, Kamis 6 Januari 2010.

Jasin mengungkapkan, dana pembinaan olahraga nasional mencapai ratusan miliar rupiah yang bersumber dari pusat itu harus dikelola secara transparan. "Sebagian dananya kan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) juga," ujarnya.

Dana dari APBN dan APBD, dia melanjutkan, pengucurannya melalui KONI. "APBN kan dana dari kriteria keuangan negara. Ini harus kami cek. Dalam persepakbolaan, kami berharap, kalau dana itu banyak, ya harus dialokasikan secara transparan," katanya.

Menurut Jasin, yang menjadi poin penting dalam kajian itu adalah meminta pertanggungjawaban pengelolaan dana olahraga. "Misalnya dana Rp100 miliar yang dipakai Rp25 miliar, yang Rp75 miliar belum dilaporkan. Itu bisa dipertanggungjawabkan secara baik," tuturnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes mempersilakan KPK untuk melakukan tugasnya dengan baik. PSSI membuka pintu bagi KPK untuk mengkaji pengelolaan dana pembinaan olahraga.

"Boleh saja, tidak ada masalah. Mungkin yang dikaji adalah dana-dana yang berasal dari APBN," kata Nugraha Besoes saat dihubungi VIVAnews.com. (art)

OJK Godok Aturan Bank Emas
Logo BYD

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Produsen mobil listrik, Build Your Dreams (BYD) secara resmi memberikan konfirmasi terhadap rumor yang beredar terkait memasuki dunia manufaktur sepeda motor listrik.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024