Kasus Sisminbakum

Kwik Kian Gie Klarifikasi Kesaksian

Kwik Kian Gie
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Kwik Kian Gie mengklarifikasi kesaksiannya di Kejaksaan Agung. Keterangan ini terkait pemanggilan dirinya sebagai saksi yang meringankan dalam kasus Sisminbakum yang menyeret mantan Menteri Hukum dan HAM, Yusril Ihza Mahendra.

"Sangat mengganggu. Oleh karenanya, saya merasa bersedia dan wajib untuk melakukan koreksi. Akan tetapi, kesalahan yang saya sebut sebenarnya hanya satu kata saja. Saya lalai menyebutkan adanya Rp20 miliar. Padahal dalam catatan yang saya tulis itu jelas ada," kata Kwik saat acara konferensi pers di kantornya Jalan Tambak No 27 Jakarta Pusat, Kamis 6 Januari 2011.

Ia mengaku lupa tidak menyebut angka investasi Sisminbakum sebesar Rp20 miliar, sehingga yang ia jelaskan kepada penyidik di kejaksaan hanya Rp512 juta. Padahal, pihak kejaksaan mempunyai dua angka sebagai investasi untuk sistem komputerisasi dalam Sisminbakum yakni Rp512 juta dan Rp20 miliar.

Akibatnya, muncul keberatan dari pihak Hartono Tanoesoedibjo melalui pengacaranya Andi Simangunsong yang langsung menelepon Kwik dan mengatakan bahwa keterangan Kwik tidak benar.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Bahkan, Andi, menurut Kwik, menambahkan informasi bahwa investasi Rp512 juta merupakan software awal, sesuai Berita Acara Pemeriksaan (BAP) atas nama Saroja Saleh, memang ada yang didasarkan atas penggunaan windows.

Namun, ditinjau dari kapasitas windows yang tidak memadai serta faktor keamanan yang mudah dijebol, karena itu praktis dibuang dan kemudian diganti menggunakan software yang namanya Linux.

"Nah, di sini lalu Pak Andi mengatakan itu nilainya lebih dari Rp20 miliar secara keseluruhan. Namun, saya tidak ikut campur dalam hal itu," tuturnya. Dirinya hanya mengoreksi untuk mengatakan tidak hanya Rp512 juta, tapi juga ada versi Rp20 miliar. (art)

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024