Alasan Pria Lebih Lama Stres dari Wanita

Wanita stres
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Tiap orang yang memiliki rutinitas sehari-hari tidak akan bisa terhindar dari stres, baik itu kaum pria maupun wanita. Namun tak bisa dipungkiri, banyaknya pekerjaan wanita, mulai dari mengurus anak, suami, serta sibuk dengan aktivitas kantor membuatnya lebih rentan mengalami stres yang merupakan salah satu gejala depresi.

"Wanita lebih memiliki banyak beban sehingga mudah lelah dan mudah mengalami depresi," kata Dr Suryo Dharmono Sp.KJ dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dr Suryo menambahkan, meski wanita rentan mengalami depresi, tapi kesibukan wanita yang multitasking membuatnya mudah menangani stres yang dialami. Beraneka ragam kesibukan yang dilakukan wanita membuat otaknya bekerja lebih cepat dibandingkan pria.

Saat zaman purba, Dr Suryo mencontohkan, kebanyakan pria hanya memiliki satu pekerjaan yakni, berburu. Dengan satu pekerjaan tersebut, pria bisa fokus melaksanakan tugasnya dengan baik. Sementara wanita, selain memasak dia dituntut harus mengerjakan pekerjaan lainnya termasuk mengurus anak.

“Wanita sudah terbiasa, melakukan pekerjaan multitasking, jadi akan lebih mudah juga mengatasi masalah yang dihadapi meski paling rentan mengalami stres. Sementara pria, karena fokus hanya mengerjakan satu pekerjaaan, saat menghadapi banyak masalah, dia akan kelimpungan dan lebih sulit untuk menangani stres yang dialami,” Dr Suryo menerangkan.

Tak jauh berbeda dari mereka yang hidup di zaman purba, kini para pekerja profesional pun rentan mengalami stres. Terutama saat pekerjaan menumpuk dan mendekati deadline. Lantas bagaimana mengatasi stres?

"Untuk meredam stres, yang paling sederhana, Anda perlu punya rutinitas yang jelas dalam kehidupan termasuk dalam pekerjaan. Kalaupun Anda seorang pekerja profesional yang selalu memiliki target, coba buat rencana kerja dengan pola rutin, sehingga tubuh bisa lebih sehat, dan hidup selalu teratur," kata Dr Suryo.

Untuk mengatasi stres, sesekali Anda juga perlu meluangkan waktu untuk sendiri. Kebanyakan wanita dan para pekerja profesional sering menyepelekan hal ini, bahkan mereka juga sering melupakannya.

Kakorlantas Titip Pesan Ini ke Personel Polri Saat Amankan KTT WWF di Bali

"Bersantai minimal 30 menit sehari atau melakukan spa, meditasi, yoga, relaksasi dengan melakukan pijat serta berendam di air hangat bisa menjadi obat mujarab meredakan stres Anda," Dr Suryo menyarankan.

Situasi penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang

Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga Siapkan Extra Flight Libur Panjang Isa Almasih

Garuda Indonesia memberikan extra flight atau jadwal penerbangan dalam momentum libur panjang mulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024