Awas, Gelombang Perairan NTB Capai 6 Meter

Topan Morakot menyebabkan ombak besar di pesisir Taiwan
Sumber :
  • AP Photo/Wally Santana

VIVAnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mataram mengeluarkan peringatan bagi pelayaran. Selama tiga hari ke depan, cuaca ekstrem diprakirakan melanda kawasan perairan Nusa Tenggara Barat (NTB), baik di bagian timur, barat, utara dan selatan.

"Peringatan itu kami sampaikan ke Adpel (Administrasi Pelabuhan) di sejumlah pelabuhan di NTB," kata prakirawan BMKG, Gede Sudika, kepada VIVAnews.com, Rabu 12 Januari 2010.

Menurut dia, ketinggian gelombang akan mencapai 5 sampai 6 meter dengan kecepatan angin rata-rata 50 sampai 60 kilometer perjam. Tingginya gelombang dan kecepatan angin itu disebabkan karena Tropical Depretion atau pusat tekanan rendah dikawasan Samudra Hindia Selatan NTB.

Lebih lanjut dia menjelaskan, peringatan serupa juga ditujukan pada seluruh nelayan yang biasa melaut. "Kami akan menyiarkan langsung peringatan ini melalui radio RRI di Mataram," ujarnya.

Sebelumnya, gelombang tinggi sekitar 5 meter menghantam kawasan pesisir Pantai di Ampenan. Puluhan rumah yang dihuni puluhan Kepala Keluarga (KK) rusak terkena hempasan gelombang.

Peristiwa itu karuan membuat warga yang tinggal di kawasan itu khawatir dan mengungsi. Bahkan hingga tadi malam informasi mengenai gelombang tinggi masih menghantui masyarakat yang tinggal di Pesisir Pantai.

Sementara itu pantauan VIVAnews.com di sejumlah tempat di Mataram sejak tadi malam hingga kini masih diterpa angin kencang. Warga Mataram juga khawatir dengan kondisi cuaca ekstrim itu, terutama yang bermukim di kawasan persawahan. Warga khawatir jika sewaktu-waktu terjadi angin puting beliung.

Bahkan hingga saat ini mendung masih menyelimuti awan di kawasan Kota Mataram. Sejumlah nelayan yang ada di kawasan Pantai Tanjung Karang enggan melaut sehingga pendapatan mereka berkurang drastis. Banyak dari mereka yang terpaksa mencari pekerjaan lain untuk menopang hidup akibat cuaca buruk.

Laporan: Edy Gustan l Mataram, umi

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung
Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia menyebut DPR bakal segera memanggil KPU bahas dugaan asusila yang menjerat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024