Otak Pemalsu Paspor Gayus Warga Negara AS?

Gayus Tambunan menjalani sidang Pledoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Orang yang diduga sebagai aktor intelektual pembuatan paspor atas nama Sony Laksono untuk Gayus Tambunan terus diburu Polri. Buronan berinisial JA itu diduga berwarga negara asing. Hingga kini belum diketahui keberadaanya.

Informasi yang dikumpulkan, JA adalah seorang warga negara Amerika Serikat. Ketika hal ini dikonfirmasi pada Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Polisi Ito Sumardi membenarkan informasi itu. "Ya sudah tahu kan berarti," kata Ito singkat, Jumat 14 Januari 2011.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan JA berperan besar dalam sindikat pemalsuan paspor yang digunakan oleh Gayus untuk bepergian keluar negeri tersebut. "Satu yang kami cari ini memiliki peran besar sehingga Gayus mendapatkan paspor. Aktor intelektual pembuatan paspor," kata Boy di Mabes Polri.

JA dijadikan buronan bersama J yang juga diduga terlibat dalam jaringan pemalsuan paspor Gayus itu. Namun, J semalam sudah ditangkap oleh penyidik Mabes Polri di rumahnya, di kawasan Utan Kayu, Jakarta Timur.

J sendiri merupakan teman lama dari tersangka berinisial A (mengambil foto Gayus dengan kamera pribadi untuk paspor). J dan A telah kenal sejak 2007. J ini diduga memperkenalkan tersangka A dengan JA yang disebut sebagai aktor intelektual pembuatan paspor.

Sampai sejauh ini telah ada dua orang yang diamankan, A dan J (WNI) sendiri. Sementara itu, kawan lama Gayus AG yang memperkenalkan Gayus dengan A masih berstatus saksi. (umi)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024