Paspor Palsu Gayus

John Grice Miliki Tiga Paspor Amerika

Paspor Guyana dengan foto Gayus Tambunan
Sumber :
  • asianartist.com

VIVAnews - Menteri hukum dan HAMĀ  Patrialis Akbar mengatakan, John Jerome Grice, warga negara Amerika yang diduga kuat merupakan otak pemalsuan paspor Gayus dan kini diburu Polri, ternyata memiliki tiga paspor Negeri Paman Sam.

"Ada print out-nya, dia punya tiga paspor. Paspor Amerika semua," ujar Patrialis di kantor Kemenkum HAM, Jakarta, Jumat, 21 Januari 2011.

Patrialis menyatakan, data kepergian John keluar dari Indonesia pun tersimpan di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. "Tapi saya tidak ingat ke mana, apalagi kalau ditanya kapan. Tanggal lahir saja, kita kadang-kadang tidak ingat," ujarnya.

Dari fakta baru ini, kata Patrialis, semakin kuat indikasi adanya keterlibatan jaringan mafia internasional dalam kasus Gayus. "Bisa jadi melibatkan mafia internasional. Dan sekarang lagi diselidiki. Biarkan tim bekerja," ujarnya.

Dari hasil penyelidikan, polisi menduga John merupakan aktor utama di balik pembuatan paspor Guyana atas nama Yosep Morris. Di paspor asli tapi palsu itu, tertera foto Gayus Tambunan dengan tanggal lahir 9 Mei 1979, bernomor 1209595, dan masa berlaku 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Penyidik Polri juga menemukan paspor Guyana lain dengan foto Milana Anggraieni yang menggunakan nama Ann Morris, bernomor 1209191, tanggal lahir 6 Februari 1979, dan berlaku mulai 18 Juli 2007.

Kepolisian menduga paspor ini dibuat setelah pembuatan paspor palsu Gayus yang menggunakan nama samaran Sony Laksono; yang digunakan Gayus untuk bepergian ke Makau, Malaysia, dan Singapura. Jika paspor atas nama Sony Laksono dibuat antara Juni sampai Juli 2010, paspor atas nama Yosep Morris dibuat antara Juli hingga Agustus 2010. Soal ini, Mabes Polri telah mengkonfirmasikannya ke Kedutaan Guyana di Jakarta. (kd)

430 Jemaah Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci
Suporter sambut Timnas Indonesia U-23 di bandara

Timnas Indonesia U-23 Tiba di Bandara Soetta, STY : Terimakasih Atas Dukungannya

Timnas Indonesia U-23 telah tiba di bandara Soekarno-Hatta. Pelatih Shin Tae yong mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024