Makan Karbohidrat Bikin Langsing

Jagung
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Banyak orang menganggap bahwa mengonsumsi banyak karborhidrat akan membuat tubuh melar. Namun sebuah studi membuktikan, orang yang teratur mengonsumsi karbohidrat terlihat lebih langsing dibandingkan yang pantang makan karbohidrat.

Peneliti menyimpulkan, kesempatan untuk langsing terjadi saat Anda memenuhi karbohidrat sebesar 64% dari keseluruhan kalori yang Anda makan, atau sekitar 361 gram. Padahal biasanya diet karbohidrat membatasi Anda memakan kurang dari 30% karbohidrat dari total kalori yang Anda makan, bahkan hanya sekitar 30 gram.

Karbohidrat yang dimaksud untuk menjaga tubuh tetap langsing adalah tipe karbohidrat resistant starch atau sari pati yang banyak terdapat di pisang, kentang, oatmeal, pasta, buncis, dan jagung. Sari pati ini memperlambat proses pelumatan makanan pada tubuh sehingga dapat menekan nafsu makan, membakar lebih banyak kalori, memberikan lebih banyak energi, mengurangi stres, sedikit kolesterol.

Banyak karbohidrat seperti gula sangat cepat dicerna dan diubah dalam bentuk glukosa lalu menjadi energi. Namun, sari pati menolak untuk dicerna, masuk ke usus besar, dan berfungsi seperti serat yang membantu proses diet.

Memakan sari pati ini akan membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar. Hal ini dikarenakan, zat ini lebih lama dicerna dibandingkan makanan lainnya. Universitas Surrey, Inggris, melakukan penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi sari pati dalam satu makanan membuat partisipan hanya mengkonsumsi kalori 10% lebih rendah dari biasanya (pada wanita rata-rata mengonsumsi karbohidrat sekitar 150-200 kalori per hari) karena mereka tidak mudah merasa lapar.

Dalam mengontrol nafsu makan, sari pati menaikan level hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, lalu memberitahukan pada otak sehingga menekan nafsu lapar, mengatur metabolisme dalam tubuh, dan membuat sel-sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Selain itu, karbohidrat jenis ini pun dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan oleh Beltsville Human Nutrion Center membuktikan, partisipan yang mengonsumsi sari pati dapat menurunkan kadar gula dalam darah sebanyak 38%.

Karbohidrat ini pun dapat mempercepat metabolisme tubuh, karena melewati sistem pencernaan dan melepaskan asam lemak yang berfungsi mendorong pembakaran lemak terutama di bagian perut. Asam lemak tersebut menjaga masa otot dan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Anda dapat menggabungkan karbohidrat yang Anda konsumsi. Nasi merah memang lebih baik dari nasi putih, namun tidak salah jika Anda mencampurnya dengan porsi nasi putih yang lebih sedikit. Lalu campurkan juga dengan buncis dan jagung atau makanan lain yang kaya sari pati. Hal ini lebih baik dan menyehatkan daripada Anda sepenuhnya pantang karbohidrat. 

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Terpopuler: Marselino Ferdinan Negara Lucu, Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23

Berita terkait Timnas Indonesia U-23 masih menjadi favorit pembaca VIVA sepanjang Sabtu 4 April 2024. Terutama adalah respons Marselino Ferdinan terharap kritik netizen.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024