Mahmoud Abbas Menangkan Pemilu Palestina

VIVAnews – Pada 9 Januari 2005, mantan perdana menteri Mahmoud Abbas memenangkan pemilu Palestina. Pemilu kali ini merupakan pemilihan presiden pertama Palestina sejak tahun 1996.  

Presiden WAML dan Menkumham Bertemu, Bahas Hak Kesehatan Narapidana

Sejak kematian Yasser Arafat pada November 2004, hubungan Palestina dengan Israel terus memburuk. Ariel Sharon, perdana menteri Israel, menolak berunding dengan Arafat yang dipandangnya sebagai teroris.

Abbas adalah salah satu pendiri faksi politik utama Palestina, Fatah. Ia dipandang sebagai pemimpin moderat dan arsitek utama di balik penandatangan perjanjian damai Oslo pada tahun 1990-an.

Kento Momota Tak Mau Jauh-jauh dari Bulutangkis Usai Pensiun

Pada tahun 2003, Abbas menjabat perdana menteri Palestina di bawah Presiden Yasser Arafat. Namun, setelah empat bulan terlibat konflik kekuasaan dengan Arafat, Abbas mengundurkan diri dari pemerintahan.

Setelah Arafat meninggal, Abbas terpilih sebagai ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Mahmoud Abbas dilantik sebagai presiden Palestina pada 15 Januari 2005.  Pada masa pemerintahannya, proses perdamaian dengan Israel kembali dilanjutkan.

Minat Kredit Motor Listrik Yadea, Segini Cicilannya

Puncaknya, pada bulan Agustus 2005, PM Israel Ariel Sharon menarik mundur tentaranya dari Jalur Gaza sebagai bagian dari kesepakatan damai dengan Palestina.

Pertamina menjadikan SPBU sebagai one stop service yang nyaman bagi masyarakat

Beli BBM di SPBU Pertamina Hari Ini Dapat Promo

Promo ini berlaku untuk seluruh SPBU Pertamina yang sudah terkoneksi dengan aplikasi MyPertamina.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024