Satu dari Dua Usul Angket Pajak Kandas

Ketua DPR Marzuki Alie memimpin rapat paripurna
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Salah satu usulan Angket Perpajakan yakni yang diusulkan sejumlah anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat dipastikan kandas. Sembilan pengusul menarik dukungan sehingga dengan demikian tak memenuhi syarat lagi sebagai usulan Angket.

Ketua DPR Marzuki Alie menyampaikan dalam rapat paripurna DPR bahwa ada tiga surat yang masuk ke pimpinan Dewan mengenai usulan Angket yang masuk ke pimpinan pada 4 Februari 2011 lalu itu. Surat pertama dari Subagyo, anggota Fraksi Gerindra, per 8 Februari 2011 yang menyatakan menarik dukungan dari usulan hak yang bernama resmi Hak Angket Penerimaan Negara dari Pajak dan Kasus-kasus Perpajakan itu.

"Surat kedua dari Sumaryati, juga Fraksi Gerindra, per 18 Februari. Isinya sama, menarik dukungan," kata Marzuki dalam rapat Selasa 22 Februari 2011.

Kemudian, surat ketiga dari tujuh anggota Fraksi Golkar. Isinya juga mencabut dukungan atas usulan Angket Perpajakan. Dengan demikian, kata Marzuki, jumlah pengusul tidak lagi mencapai 25 orang sebagaimana syarat minimal yang diatur Undang-undang.

"Dari 27 menjadi 18 anggota. Dengan demikian, syarat minimal sebagaimana diatur Tata Tertib yakni 25 anggota tidak terpenuhi," katanya. Karena itu, Marzuki menyampaikan, agenda pengambilan keputusan mengenai Hak Angket Penerimaan Negara dari Pajak dan Kasus-kasus Perpajakan ini ditunda sampai jumlah penanda tangan dilengkapi.

"Apakah ini disetujui?" kata Marzuki kepada peserta rapat.

Para peserta rapat menjawab dengan koor. "Setuju."

Selain usulan Angket ini, terdapat usulan Hak Angket Mafia Perpajakan yang diajukan 114 orang. Usulan ini juga akan dibahas dalam rapat paripurna hari ini. Soal dua Angket ini, bisa dibaca di sini.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024