Menkeu: Outlook Naik, RI Banjir Investasi

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, kenaikan outlook peringkat utang Indonesia oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings akan diikuti dengan membanjirnya investasi. Kondisi itu terutama akan terjadi setelah Indonesia masuk kategori investment grade.

Seperti diketahui, Fitch Ratings menegaskan kenaikan outlook peringkat utang Indonesia dari BB+ outlook stabil menjadi BB+ outlook positif. Melalui peningkatan peringkat itu, Indonesia selangkah lagi menuju investment grade.

"Ini satu langkah lagi Indonesia menjadi investment grade. Kami perhatikan, kalau jadi investment grade, banyak investasi yang cukup besar," kata Agus usai bertemu Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Prancis, Christine Lagarde, di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Jumat, 25 Februari 2011.

Agus menjelaskan, jika Indonesia mendapatkan peringkat investment grade, pemerintah dan pengusaha mendapatkan bunga utang lebih rendah. Di sisi lain, kondisi itu menyebabkan investor yang selama ini belum melirik Indonesia sebagai tujuan investasi, akan berusaha masuk ke Indonesia. Ujung-ujungnya sektor rill di Tanah Air akan semakin bergerak.

"Kami juga melihat di Indonesia, perbaikan grade akan membuat capital inflow semakin deras," kata Agus.

Di sisi lain, ia akan mewaspadai derasnya arus modal asing. Pemerintah lebih memilih agar arus modal itu masuk dalam bentuk investasi langsung (foreign direct investment), tidak hanya dalam bentuk portofolio.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun, jika portofolio lebih banyak masuk, dana asing itu harus bisa dikelola dengan baik, sehingga perekonomian lebih terjaga. "Jangan sampai kaget kalau ada penarikan tiba-tiba," ujarnya. (art)

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024