Konversi Gas, PLN Bisa Hemat Rp60 Triliun

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews- Rencana Menteri Keuangan yang akan mengkonversi bahan bakar PLN dari bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas disambut baik PLN. Jika PLN optimal menggunakan pembangkit gas, maka PLN dapat menghemat Rp60 triliun.

Direktur Energi Primer PLN, Nur Pamudji menjelaskan saat ini kebutuhan pemakaian gas perusahaan listrik pelat merah ini mencapai 1.800 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Sedangkan alokasi gas yang tersedia untuk PLN hanya 800 juta kaki kubik perhari. Ia menjelaskan dari sekitar 5.223 unit pembangkit yang dimiliki PLN, baru sekitar 22 persen menggunakan gas.

Berdasarkan perhitungan PLN, saat harga minyak US$70 per barel, maka harga solar sebesar US$ 17 per juta kaki kubik sedangkan harga gas hanya US$ 5 per juta kaki kubik. Sehingga saat itu, ada penghematan sekitar US$ 12 per juta kaki kubik. Apabila persediaan gas mencukupi dan PLN mengoptimalkan seluruh pembangkit gasnya maka penghematan yang dapat dicapai PLN mencapai Rp60 triliun dalam setahun.

"Tapi permasalahannya saat ini kan gasnya tidak ada. Kami masih kurang sekitar 1000 MMSCFD," kata dia di Jakarta, Jumat 25 Februari 2011.

Sementara itu, pada April 2011 nanti PLN akan memperoleh tambahan gas sebesar 65 juta kaki kubik per hari dari Lapangan Jambi Merang di perbatasan Sumatera Selatan dan Jambi. Rencananya gas tersebut akan disalurkan ke pembangkit di Jawa melalui pipa South Sumatera West Java (SSWJ) yang dimiliki PT.Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Tambahan gas itu masuk dengan mekanisme 'swap' (pertukaran), mekanisme nya, gas Jambi Merang yang dioperasikan Joint Operating Body PT Pertamina Hulu Energi-Talisman akan dialirkan ke konsumen ConocoPhillips. Sementara, gas Grissik (Sumatera Selatan) yang dioperasikan ConocoPhillips akan masuk ke pembangkit PLN di Jawa melalui pipa PGN. (hs)

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024