"SBY Banyak Pertimbangan Kocok Ulang Koalisi"

Marzuki Alie (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono banyak pertimbangan dalam mengocok ulang koalisi.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Menurut dia, dalam sebuah kesempatan Marzuki dan sejumlah elit Demokrat menanyakan kenapa tidak tegas saja langsung memberi hukuman pada partai yang bandel. "Beliau tanya balik, mampu nggak Demokrat saja mengawal pemerintahan," kata Marzuki dalam diskusi di DPR, Jumat 4 Maret 2011.

Menurut dia, SBY sangat hati-hati dalam mengambil keputusan. SBY tidak jadi melangkah bila tidak yakin keputusannya itu benar. "Beliau firm, satu-satu dipanggil diajak bicara visi, misi, kalau mau terus ayo, kalau tidak apa boleh buat," katanya.

Marzuki mengatakan, langkah hati-hati SBY itu karena sistem politik yang dipakai. Menurut dia, bila tidak berhasil menguasai mayoritas mutlak suara parlemen, kompromi harus dilakukan. Bila tidak, dia menjelaskan, bisa saja partai-partai non penguasa menghambat program pemerintah dengan mengganjal proses anggaran di DPR.

Kalau anggaran yang diajukan tidak disepakati parlemen, artinya harus memakai anggaran tahun sebelumnya. Dengan begitu, pemerintah akan gagal mengupayakan pertumbuhan alias stagnan.

"Dan DPR ini paling pinter membolak-balik kata. Pemerintahan tidak baik kalau anggaran tidak disetujui. Itu yang menghalangi [Demokrat] bisa lantang," katanya.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024