Kunjungan Turis Jepang ke Yogya Turun 60%

Para turis Jepang menunggu pesawat di Bandara Kairo, Mesir
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News, Takeshi Tsuchiya

VIVAnews - Pasca-gempa dan tsunami, kunjungan wisatawan asal Jepang tujuan Yogyakarta menurun drastis mencapai 60 persen dibandingkan sebelum terjadinya bencana yang telah meluluhlantahkan sebagian negara Matahari Terbit itu.

"Penurunan wisatawan cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 60 persen," kata Edi Prabowo, pemilik Garuda Tour and Travel di Yogyakarta, Rabu, 23 Maret 2011

Menurut Edi, sebelum kejadian gempa dan tsunami, kunjungan wisatawan Jepang mencapai 300-400 orang, namun paska gempa kunjungan hanya mencapai 100-150 wisatawan.

"Pada April mendatang masih ada sekitar 150 wisatawan dari Jepang yang akan berkunjung ke Yogyakarta dan belum membatalkan perjalanannya," ujarnya.

Edi memperkirakan, penurunan kunjungan wisatawan dari Jepang akan terus terjadi, apalagi setelah kejadian tsunami terdapat ancaman radiasi nuklir.

"Saya memprediksi kunjungan wisatawan Jepang akan terus menurun hingga enam bulan ke depan, dan baru kembali membaik enam bulan kedua," tutur Edi.

Edi yang juga anggota DPRD Bantul dari Partai Demokrat ini mengatakan wisatawan yang datang ke Yogyakarta lebih banyak dari kota Tokyo, Nagoya, dan Osaka.

"Meski kota tersebut tidak secara langsung terkena tsunami, namun dipastikan terimbas dampak bencana itu sehingga memilih tidak melakukan perjalanan ke luar negeri," ujarnya.

Ketua Badan Promosi dan Pariwisata Kota Yogyakarta, Deddy Pranowo Eryono sependapat. Ia mengatakan, paska kejadian gempa dan tsunami dipastikan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan dari Jepang ke Yogyakarta.

"Yang terlihat, saat ini banyak wisatawan dari Jepang yang memperpendek kunjungannya ke Yogyakarta dan kembali ke Jepang," tutur Deddy.

Lebih lanjut, Deddy mengatakan wisatawan dari Jepang yang datang ke Yogyakarta didominasi dari kota Tokyo dan Osaka yang tidak secara langsung terkena tsunami, namun tetap saja berimbas pada menurunnya jumlah wisatawan ke Yogyakarta.

"Secara tidak langsung tetap saja banyak wisatawan yang membatalkan kunjungannya ke Yogyakarta karena banyak saudara mereka yang menjadi korban gempa dan tsunami. Negara Jepang sendiri dalam kondisi yang memprihatinkan," kata Deddy.

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta, umi

Jawaban Menohok Chandrika Chika saat Hendak Dibawa ke BNN Lido
Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024