Film 'Sang Pencerah' Diputar di Australia

Sang Pencerah
Sumber :

VIVAnews - Film karya Hanung Bramantyo, 'Sang Pencerah' akan segera diputar di Australia. Film yang menceritakan kisah hidup pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan ini diboyong Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) untuk ditayangkan di negeri Kanguru itu.

Tiga teater di kota Sydney dan Melbourne akan menjadi lokasi pemutaran film. Bukan sekadar pertunjukan khusus, ataupun undangan pemutaran namun 'Sang Pencerah' akan diputar di gedung teater umum.

Panitia harus meyakinkan pihak bioskop, juga asosiasi perfilman di Australia, bahwa film yang dibintangi Lukman Sardi ini memang layak diputar.

“Kami ingin memperlihatkan seperti apa sesungguhnya wajah Islam itu kepada masyarakat Australia. Setidaknya penonton memiliki pemahaman lain bahwa Islam tidak selalu keras,” jelas Nanda Rachmadianto, Ketua PPIA Victoria (Melbourne) dalam rilis yang diterima VIVAnews.com.

Selama ini film-film terbaik di Indonesia memang sering diputar secara khusus di kota-kota Australia. Dengan diputarnya 'Sang Pencerah' di negara itu secara umum, ini sekaligus menjadi semacam ujian.

Apakah memang layak film ini diapresiasi oleh penonton yang buta sama sekali akan ketokohan KH Ahmad Dahlan? Juga menjadi ajang pembuktian, apakah film dakwah Islam seperti 'Sang Pencerah' ini bisa diterima dan dipahami oleh penonton Australia.

“Kami berharap, sisi positif dari film ini bisa ditangkap oleh penonton Australia. Kami juga ingin mempromosikan serta mengedukasi penonton melalui film-film Indonesia,” tambah Nanda.

Tiga tempat pemutaran film 'Sang Pencerah' adalah Event Cinema, Sydney, pada tanggal 26 Maret 2011. Gedung berkasitas 400 penonton akan melakukan pemutaran minimal sebanyak dua kali.

Kemudian, untuk apresiasi secara khusus, dilakukan pemutaran di Universitas Woolongong. Sehari kemudian pemutaran dilakukan di Greater Union, Melbourne. Gedung berkapasitas 500 penonton ini sudah melakukan pre-sales tiket sejak sebulan lalu. Harga tiket mengikuti ketentuan gedung bioskop seharga 12 dolar Australia.

“Saya tidak berharap terlalu banyak. Mereka [penonton non-Indonesia dan non-Muslim] mau mengapresiasi film ini saja saya sudah bersyukur. Karena saya tahu, tidak mudah memberi pemahaman pada mereka tentang film dakwah Islam,” jelas Hanung Bramantyo yang akan segera terbang ke Australia untuk menghadiri acara pemutaran filmnya.

Selain Australia, bulan Mei dan Juni nanti 'Sang Pencerah' juga akan diputar di Malaysia dan Singapura.

Keluarga Enggan Bocorkan Tempat Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengecek kendaraan dinas untuk WWF di Bali

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

Rekayasa lalu lintas itu akan dilakukan buka tutup.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024