Umumkan Bunga Kredit, Bank Kian Bersaing

foto ilustrasi bank
Sumber :

VIVAnews - Pengumuman Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang mulai dilansir bank umum per 31 Maret lalu membuat persaingan antarbank kian ketat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Muliaman D Hadad, mengatakan, pertumbuhan kredit perbankan sebesar 25,1 persen, sejauh ini masih sesuai rencana. "Rencana bisnis bank yang disampaikan memperkirakan adanya pertumbuhan 23-24 persen tahun ini," kata Muliaman pada konferensi pers di gedung BI, Jakarta, Selasa, 12 April 2011.

Menurut dia, proyeksi pertumbuhan yang tidak terlalu tinggi sebagai antisipasi perbankan dalam mengelola risiko kredit yang juga besar. "Kami tidak ingin pertumbuhan bagus, tapi jelek. Kami ingin pertumbuhan bagus, berkualitas serta disalurkan pada sektor produktif," katanya.

Aturan pengumuman SBDK oleh perbankan, ungkap Muliaman, membuat persaingan antarbank kian tinggi. "Dampaknya akan terjadi dalam tiga empat bulan ke depan," ujarnya.

Dalam pengumuman suku bunga kredit akhir Maret lalu, BI mencatat rata-rata suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) perbankan nasional sebesar 11-12 persen. Berdasarkan daftar publikasi suku bunga dasar kredit perbankan, suku bunga KPR terendah diberikan oleh PT Bank Central Asia Tbk yaitu 9,5 persen, sedangkan tertinggi PT Bank Bukopin Tbk sebesar 12,81 persen.

Seperti diketahui, BI mewajibkan perbankan mengumumkan SBDK per 31 Maret. Hal itu untuk memberikan transparansi kepada nasabah dan menjadikan bank lebih efisien.

Selain suku bunga KPR, data BI menunjukkan bahwa suku bunga kredit korporasi terendah sebesar 9 persen, dan tertinggi diberikan PT Bank Mandiri Tbk sebesar 11,25 persen. Sementara itu, suku bunga komersial non KPR terendah dipegang oleh PT Bank Internasional Indonesia Tbk sebesar 9,27 persen dan tertinggi PT Bank Danamon Tbk sebesar 23,6 persen.

Sementara itu, sektor kredit ritel, suku bunga dasar termurah dipegang Bank Internasional Indonesia sebesar 10,96 persen dan tertinggi adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dengan bunga sebesar 13,05 persen. Suku bunga non KPR tertinggi adalah Bank Danamon sebesar 23,6 persen dan terendah adalah BII sebesar 9,72 persen.

Kewajiban mengumumkan suku bunga dasar kredit itu dikenakan pada bank dengan aset di atas Rp10 triliun atau sebanyak 43 bank. (umi)

Ukir Sejarah, Ini Jadwal Siaran Langung Tim Indonesia di Semifinal Piala Thomas dan Uber 2024
Personel Basarnas mengevakuasi seorang balita menuju KN SAR Bima Sena dari Pelabuhan Minanga setelah erupsi Gunung Ruang Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, 30 April 2024.

3.364 Warga Korban Erupsi Gunung Ruang Sudah Dievakuasi dari Tagulandang

BNPB mengatakan sebanyak 3.364 warga korban erupsi Gunung Ruang sudah dievakuasi dari Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024