Sulawesi dan Papua Sasaran Investasi Asing

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan realisasi investasi pada triwulan I-2011 menunjukkan perkembangan signifikan dibanding tahun lalu. Total nilai investasi selama periode itu mencapai Rp53,6 triliun atau meningkat 27,3 persen dibanding triwulan I-2010 sebesar Rp42,1 triliun.

Respons Santai Aaliyah Massaid Tanggapi Cibiran Jadi Bridesmaid Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini

Beberapa daerah juga menjadi sasaran investasi yang cukup diperhitungkan, yakni Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Menurut Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, MM Azhar Lubis, peningkatan itu dipicu tingkat kepercayaan investor yang sudah menunjukkan hasilnya.

Keluarga Korban Kecelakaan SMK Lingga Kencana Menangis Pilu saat Terima Santunan Rp60 Juta

Selain itu, dia menambahkan, adanya dukungan pemerintah dalam bidang administrasi dan prosedur membuat investasi di negara ini semakin lancar. "Saat ini, Indonesia berada di peringkat ke-9 sebagai lokasi favorit berinvestasi," ujar Azhar di kantor BKPM, Jakarta, Rabu 20 April 2011.

Azhar menuturkan, peningkatan realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) meningkat sebesar 110,4 persen dari Rp6,7 triliun menjadi Rp14,1 triliun.

Sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi serta industri mineral non-logam menempati peringkat teratas dengan nilai Rp2,7 triliun di enam proyek dan Rp2,4 triliun pada 12 proyek.

Sementara itu, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) meningkat sebesar 11,8 persen dari Rp35,4 triliun menjadi Rp39,5 triliun. Dua sektor peringkat teratas investasi PMA ditempati pertambangan dengan nilai US$1,0 miliar pada 79 proyek dan listrik, gas dan air dengan nilai US$0,6 miliar di 15 proyek.

Azhar menuturkan, terdapat hal yang menarik dalam penanaman modal saat ini. Sebab, dahulu penanaman modal masih berkisar di Jawa dan Sumatera. Tetapi, saat ini, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan muncul sebagai daerah yang diperhitungkan.

Terlihat, dia menjelaskan, kontribusi dari ketiga daerah tersebut cukup signifikan yakni Rp1,2 triliun untuk lima proyek di Sulawesi Tengah dan Rp1,1 triliun untuk 10 proyek di Sulawesi Selatan. Sementara itu, Papua memiliki nilai sebesar US$0,4 miliar untuk sembilan proyek dan Kalimantan Barat US$0,3 miliar untuk 18 proyek. (art)

Ira Nandha dan Elmer Syaherman Kembali Terlihat Bersama, Rujuk?
Ilustrasi penangkapan juru parkir liar alias Pak Ogah.

Terpopuler: Jukir Liar Depan Istiqlal Ditangkap, Aturan Baru Jokowi BPJS Pengganti Kelas 1,2 dan 3

Persoalan juru parkir atau jukir liar di Jakarta dan sekitarnya, cukup menyedot perhatian dari pembaca. Termasuk yang sempat viral jukir di depan Masjid Istiqlal Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024