Pusat Bencana Sumbar Berkantor di Kontainer

Gempa di Kota Padang : Evakuasi Korban
Sumber :
  • AP Photo/Binsar Bakkara

VIVAnews - Sistem peringatan dini bencana Sumatera Barat akan dioperasikan selama dua tahun dari truk kontainer. Lima unit kontainer bantuan Australia ini sedang di modifikasi di Jakarta sehingga nyaman dioperasikan sebagai kantor.

“Begitu sampai Padang, kami tinggal memasang alat tanpa melakukan renovasi apapun,” kata Kepala Satuan Koordinasi Penanggulan Bencana Provinsi Sumatera Barat Ade Edward, Kamis 21 April 2011.

Sumbar memiliki sistem peringatan dini berbasis teknologi yang cukup handal pasca-gempa 2007 lalu. Sejumlah peralatan canggih bantuan asing ini dioperasikan di gedung berlantai tiga perkantoran Gubernur Sumbar di jalan Sudirman Padang. Namun, kerusakan fatal yang disebabkan gempa 2009 lalu, memaksa pemerintah merubuhkan gedung ini dan membangun yang baru.

Penggunaan truk kontainer akan berlanjut hingga gedung pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana yang baru selesai dikerjakan. Pembangunan kantor pusat yang baru diperkirakan menelan biaya Rp50 miliar dan akan selesai pada 2012 mendatang. ”Setelah selesai, kontainer ini tetap akan kami aktifkan sebagai kantor lapangan,” ujarnya.

Saat ini, peringatan dini yang terkoneksi dengan enam unit tsunami early warning system (TEWS) diaktifkan BMKG Pusat. Sejumlah perangkat lunak berteknologi tinggi yang dioperasikan untuk sinyal bahaya tsunami dinonaktifkan sejak 16 Februari lalu. 

Hingga kini, sejumlah peralatan, seperti pendeteksi gempa, pendeteksi permukaan laut menggunakan CCTV, akselerometer, dan sistem informasi manajemen bencana darurat, tidak berfungsi. Untuk sementara, sistem informasi darurat di Mentawai yang menghabiskan anggaran Rp27 miliar juga terputus ke provinsi.
 
Menurut Ade, saat ini operasional penanggulangan bencana Sumbar dikendalikan dengan memanfaatkan peralatan yang terpasang pada communication mobile (commob) dan satelit VSAT (Very Small Aperture Terminal). (eh)

Laporan: Eri Naldi | Sumatera Barat

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia
Rizky Febian dan Mahalini

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk

Rizky Febian dan Mahalini akhirnya resmi menikah. Berita-berita terkait hal ini pun sukses memantik perhatian pembaca. Satu yang tak kalah dilirik soal keluarga Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024