7-6-2010: Korut Ganti Perdana Menteri

PM Korut, Kim Yong Il (kiri), dan Asisten Menlu China, Hu Zhengyue
Sumber :
  • AP Photo/Xinhua, Rao Aimin

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, Korea Utara (Korut) merombak posisi papan atas kabinetnya. Pergantian itu membuat Perdana Menteri Korea Utara, Kim Yong-il, harus meletakkan jabatan yang baru tiga tahun dia emban.

Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal

Menurut stasiun berita BBC, Choe Yong-rim menggantikan Kim Yong-il sebagai Perdana Menteri (PM). Sebagai negara komunis yang sangat tertutup, Korut jarang mengganti pejabat pemerintah.

Namun, bagi rezim Pemimpin Besar Kim Jong-il, PM Kim dianggap gagal. Dia tidak berhasil mengangkat ekonomi Korut, yang dilanda bencana kelaparan dan harus menerima sanksi perdagangan mancanegara akibat memiliki teknologi  senjata nuklir. 

Sementara itu, Chang Song-thaek dipromosikan untuk menduduki jabatan penting militer di Komisi Pertahanan Nasional (NDC).

Chang diduga akan menjadi pendukung pergantian kekuasaan dari Pemimpin Besar Korut, Kim Jong-il, ke putra termudanya, Kim Jong-un. Parlemen Korut biasanya hanya bertemu satu kali dalam satu tahun.

Menurut KCNA, sidang khusus ini, yang diumumkan pada 18 Mei lalu, digelar untuk mendiskusikan "urusan organisasi".

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun
Pratama Arhan dan Azizah Salsha berpelukan

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Setelah Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U23 2024 pada Jumat 26 April dini hari, Pratama Arhan dan Azizah Salsha menampilkan momen kemesraan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024