Tifatul Berharap ICC Dorong Tujuan Nasional

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring secara resmi membuka pameran Indonesia International Communication Expo & Conference (ICC) 2011, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu, 8 Juni 2011.

Dalam sambutannya, Tifatul berharap pagelaran produk-produk teknologi informasi terbaru itu turut mendorong upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, terserapnya konten lokal. Kedua, memprioritaskan tenaga kerja lokal, membantu mengurangi angka pengangguran. Ketiga, bagaimana produk kita menunjang kecerdasan seluruh elemen dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Tifatul.

Tifatul mengungkapkan, hingga saat ini penggunaan teknologi lebih banyak untuk hal-hal yang kurang produktif seperti bermain game, sosial media, chatting, dan lainnya. Padahal, pemerintah sudah mencanangkan program beserta target capaiannya di tahun-tahun ke depan.

Bila dikatakan Indonesia sekarang memasuki era broadband, hal tersebut menurut Tifatul cukup mengejutkan dan perlu direalisasikan. Karena, kata Tifatul, tahun 2012 pemerintah mencanangkan Indonesia Connected, Indonesia yang tersambung seluruhnya hingga Papua yang dikenal dengan Connectivity Program.

Kemudian, Tifatul menyebutkan, pada 2014 dicanangkan Indonesia informatif, yaitu Indonesia yang aware terhadap informasi, baik kalangan masyarakat umum, elite, dan seluruh korporasi atau perusahaan yang ada. Lalu, pada 2015 digelar Indonesia broadband menjelang era Indonesia Digital di 2018.

"Kita berharap --dengan teknologi informasi--, mereka dapat mengambil keputusan secara rasional, tidak berdasar provokasi atau berita yang tidak jelas sumbernya," jelas Tifatul.

Tifatul mengemukakan penerapan teknologi broadband dengan segala manfaatnya telah diupayakan oleh pemerintah. Hal ini memiliki arti signifikan dalam mengubah madzab, jaringan telekomunikasi dari pita sempit untuk suara menjadi pita lebar untuk multimedia.

"Dulu jaringan umum telepon, sekarang kita kenal jaringan internasional, internet dan aksitektur yang berbeda. Itu memberi dampak luar biasa pada masyarakat. Ini sering dinamakan silence revolution karena mereka tidak menyadari adanya revolusi dan perubahan," kata Tifatul.

Acara yang mengusung tema 'The Borderless World of Communication' itu akan dilangsungkan dari 8 Juni hingga 12 Juni 2011.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia, Sarwoto Atmosutarno, menegaskan, pagelaran ini adalah salah satu bentuk dukungan para provider telekomunikasi dalam mewujudkan Indonesia siap memasuki era broadband society and economy yang nantinya akan turut menggerakkan roda ekonomi nasional.

"ICC juga bertujuan mendukung strategi bisnis, memperluas networking, mendorong penjualan, brand awareness, serta meningkatkan market share khususnya di Indonesia," ujarnya. (art)

Indonesia vs China Lewat One Pride MMA-WLF Teken Kerja Sama: Are You Ready?

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Sembilan petarung One Pride MMA Indonesia akan tampil dalam pertandingan internasional pada Juni 2024 mendatang. Mereka menghadapi para petarung asal China.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024