Anggota DPR dari Demokrat dan PPP Dipecat

Politisi Partai Demokrat, As'Ad Syam
Sumber :
  • www.kejaksaan.go.id

VIVAnews - Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat yakni As'ad Syam dari Fraksi Demokrat dan Izzul Islam dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dipecat dari keanggotaan Dewan. Keduanya dijatuhi sanksi pemberhentian setelah divonis pengadilan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Kemudian satu anggota DPR lagi, yaitu Nurdin Tampubolon dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat dinonaktifkan dari posisi pimpinan Komisi VI.

Ketiga nama itu tidak dibacakan dalam rapat paripurna DPR, tapi kemudian dijelaskan Wakil Ketua DPR, Anis Matta, usai rapat. "Jadi kemarin di rapat pimpinan pada Jumat lalu, pimpinan sudah sepakat untuk membacakan surat masuk sedangkan kalau teman-teman ingin tanyakan detail silakan langsung ke Badan Kehormatan," kata Anis Matta, Selasa 5 Juli 2011.

Menurut Anis, sebenarnya ada aturannya untuk dibacakan di paripurna tetapi karena menyangkut individu-individu, hanya dibacakan surat keputusannya saja. "Kami buat lebih halus saja," ujarnya. "Ini masalah kultur kita saja, tetapi keputusan kan sudah diambil. Dan yang bersangkutan sudah mengetahuinya. Itu yang penting."

As'ad yang terpilih dari daerah pemilihan Jambi telah divonis empat tahun penjara oleh Mahkamah Agung atas kasus korupsi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Muaro Jambi senilai Rp4,5 miliar. As'ad sempat buron namun kemudian ditangkap pada Agustus 2010 lalu.

Izzul Islam yang terpilih dari Nusa Tenggara Barat sudah divonis bersalah dalam pemalsuan ijazah yang kemudian dipakai untuk mencalonkan diri jadi anggota DPR.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?
Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Polisi sudah menangkap Galih Loss karena konten 'hewan mengaji' yang meresahkan dan diduga menistakan agama Islam.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024