Studi: Anak Masa Kini Lebih Pasif

Seorang anak yang tengah asyik bermain game
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVAnews - Semakin banyaknya permainan anak dengan sistem digital membuat anak kian sedikit melakukan kegiatan aktif seperti bermain di taman. Bahkan, rata-rata anak-anak masa kini tak cukup melakukan gerakan aktif selama satu hari.

Waktu yang direkomendasikan agar anak melakukan kegiatan olahraga, seperti berjalan, berlari, melompat dan gerakan yang bisa membakar kalori lainnya adalah 60 menit setiap hari. Tapi berdasarkan penelitian baru di Inggris, kini anak-anak justru hanya melakukan kegiatan bergerak aktif kurang dari 60 menit.

Penelitian skala kecil yang dilakukan oleh Universitas Worcester Institut Ilmu Olahraga menunjukkan, hanya 33 persen anak laki-laki dan 21 persen anak perempuan berusia empat-15 tahun yang bergerak aktif 60 menit sehari seperti yang direkomendasikan per hari.

Studi menyebutkan, 40 anak usia 9-10 tahun di empat sekolah dasar di Inggris yang dinilai gerakan aktif dan olahraga mereka tiap minggu. Terungkap, anak bergerak rata-rata hanya 33 menit, hanya setengah jumlah yang dianjurkan.

Anne Milton, Public Health Minister menyatakan, "Orang tua penting untuk memahami berat badan berlebih pada anak berisiko menyebabkan masalah kesehatan serius dikemudian hari. Ini menyangkut kualitas hidup seseorang,” katanya seperti dikutip dari Female First.

"Ini bukan sekedar asupan makanan yang sehat. Tetapi untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak di masa depan, mereka juga membutuhkan kegiatan aktif dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan gerakan sederhana olaharaga seperti berjalan, berlari, melompat dan melakukan kegiatan aktif lainnya bisa membantu anak melakukan gerakan sehat yang berguna untuk tubuhnya," ucapnya.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa anak-anak menghabiskan waktu paling banyak justru hanya dengan melakukan kegiatan menetap dan pasif, seperti menonton TV , rata-rata 67 menit per hari, bermain game komputer sambil duduk dan mengunyah makanan 21 menit per hari dan berselancar lewat internet mengalihkan perhatian mereka selama 17 menit setiap hari.

Untuk membantu menginspirasi anak bergerak, lembaga swadaya Inggris Change4Life akan meluncurkan kampanye enam minggu panjang baru, 'Petualangan musim panas."

"Dan kami akan terus mengukur anak jika anak-anak mereka kelebihan berat badan atau obesitas."

Paul Sacher, pendiri dan Chief Research Officer di MEND, mengatakan: "Aktif sangat penting untuk kebugaran dan kesehatan anak. Aktivitas fisik tidak harus menjadi tugas yang berat untuk mereka, tetapi dapat dilakukan hal-hal sederhana seperti berjalan-jalan atau bermain game di taman.” (eh)

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan
Playlist Live Festival

Festival Musik Playlist: Live On Tour 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Ada Musisi Siapa Aja?

Salah satu festival musik yang ditunggu, Playlist Live Festival, akhirnya kembali menggelar rangkaian tur bertajuk Playlist: Live On Tour 2024, yang akan dimulai Juni.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024