Bincang Hati

Masih Simpan Rahasia Besar Jelang Nikah

Ragu Menikah
Sumber :
  • doc Corbis

Tanya:
Saya dan pasangan telah menjalin kasih selama hampir dua tahun. Saya dan keluarga pasangan sudah sangat dekat. Tapi, ada satu masalah yang masih kami sembunyikan dari orangtuanya. Saya sudah mempunyai anak, tapi tidak tinggal bersama saya. Anak saya sudah diangkat anak oleh salah satu keluarga saya.

Pasangan saya tampaknya belum siap menyampaikan masalah itu ke orangtuanya. Ia selalu menunda setiap kali saya bertanya tentang waktu yang tepat untuk berkata jujur pada keluarga. Katanya, "Nanti akan ada saatnya bilang ke mereka (orangtua)."

Masalah itu sangat mengganggu pikiran saya. Keluarganya sangat menyayangi saya, demikian pula pasangan saya. Saya merasa tidak enak dan merasa seperti selalu membohongi mereka. Padahal, tidak ada niat saya untuk berbohong seperti ini.

Kami sebenarnya sudah merencanakan pernikahan akhir tahun ini. Tapi, belakangan, pasangan mulai menghindar dengan alasan ekonomi. Tapi, memang dia rajin menabung di rekening tabungan kami berdua. Apa yang harus saya lakukan? Saya takut tidak diterima keluarganya.

SR

Jawab:

Dari awal, seharusnya memang harus ada kejujuran dalam hubungan, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Saya yakin orangtua pasangan Anda akan menerima Anda apa adanya dan bisa menerima Anda apabila memang sudah ada kejujuran di awal hubungan.

Tidak ada kata terlambat untuk mengungkapkan kejujuran. Yang terpenting Anda yakin dan ikhlas atas sikap mereka. Anda harus siap dengan situasi yang akan terjadi. Dan, apapun risikonya, Anda harus bisa menerimanya dengan ikhlas tanpa dendam.

Anda harus berani dan terus memberikan dukungan pasangan agar terus berjuang demi kelanjutan hubungan. Semua bisa berjalan baik jika segera ada keterbukaan.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Baca juga: Tanda-tanda Hubungan Jadi Pelarian

Konsultan: Feri Purwo

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Feri PurwoJika Anda punya masalah percintaan atau perkawinan, kirimkan pertanyaan Anda ke rubrik 'Bincang Hati' melalui email " konsultasi.fiesta@vivanews.com ". Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap Anda dan pasangan, berserta tanggal lahir. Nama pengirim akan disamarkan. Anda juga bisa curhat di www.curhaters.com atau di Twitter di @Feripurwo.

Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024