KPK Tak Terpengaruh Pemecatan Nazaruddin

Foto buron M Nazaruddin, bekas Bendahara Umum Demokrat
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Setelah dipecat dari Bendahara Umum Partai Demokrat, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat resmi memecat Muhammad Nazaruddin dari kader partainya.

Terkait pemecatan Nazarudin, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tak terpengaruh dengan kondisi tersebut.  Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan pihaknya tak akan mencampuri urusan politik.

"Sebenarnya tidak terpengaruh, karena KPK tidak terkendala apakah dia anggota partai atau bukan," kata Johan di Jakarta, Senin 18 Juli 2011.

Menurutnya KPK tidak memiliki kapasitas untuk mengomentari itu, alasannya itu merupakan urusan internal Partai Demokrat. Meski demikian polemik yang terjadi di tubuh Partai Demokrat tidak akan mempengaruhi penyelidikan KPK. "Nggak juga, kita sama saja, tidak terkait dengan pemecatan itu," kata Johan.

KPK saat ini lanjut Johan masih mengembangkan penyidikan termasuk pemeriksaan saksi-saksi. Namun begitu Johan mengaku KPK belum menemukan perkembangan terbaru dari kasus tersebut. "Belum ada, tapi pemeriksaan sih jalan terus terhadap saksi-saksi," ujarnya.

Nazaruddin telah ditetapkan sebagai tersangka suap wisma atlet SEA Games. Selain itu, dia juga diduga terlibat dalam korupsi di Kementerian Pendidikan Nasional.

Kini, keberadaan Nazaruddin tidak diketahui. Pihak interpol pun sudah memasukkan nama Nazaruddin ke daftar buronan. (adi)

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan
Playlist Live Festival

Festival Musik Playlist: Live On Tour 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Ada Musisi Siapa Aja?

Salah satu festival musik yang ditunggu, Playlist Live Festival, akhirnya kembali menggelar rangkaian tur bertajuk Playlist: Live On Tour 2024, yang akan dimulai Juni.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024