Jaksa: Fee Wisma Atlet, 5 Persen ke Senayan

Rekonstruksi Mindo Rosalina Manulang Dan Muhammad El Idris
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) disebut mendapat jatah sebesar lima persen dari nilai proyek pembangunan Wisma Atlet SEA Games 2011.

Demikian terungkap dalam surat dakwaan terdakwa suap pembangunan Wisma Atlet Sea Games, Mindo Rosalina Manulang. Surat dakwaan ini dibacakan Jaksa Agus Salim di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 20 Juli 2011.

"Terdakwa (Rosa) selanjutnya di kantor Grup Permai yang dihadiri oleh Nazaruddin yang membicarakan fee. Dimana, Grup Permai mendapat 18 persen, dengan perincian empat persen untuk daerah, lima persen untuk Senayan, dan sembilan persen untuk Grup Permai," kata Ketua JPU, Agus Salim.

Jaksa Agus mengatakan bahwa terdakwa selaku Marketing PT Anak Negeri bersama-sama dengan terdakwa Mohamad El Idris, Manajer Marketing PT Duta Graha Indah; dan Dirut PT DGI Dudung Purwadi telah melakukan beberapa perbuatan sejenis.

Yakni memberi sesuatu kepada pegawai negeri dan penyelenggara negara berupa tiga lembar cek yang seluruhnya senilai Rp3,2 miliar kepada Sesmenpora Wafid Muharam dan empat lembar cek sejumlah Rp4,3 miliar kepada Muhammad Nazaruddin selaku anggota DPR. Uang diterima melalui dua orang staf keuangan Nazaruddin, Yulianis dan Oktarina Furi.

Atas perbuatannya, yaitu menjanjikan dan memberikan hadiah kepada pegawai negeri, Rosa didakwa melanggar aturan tentang penyuapan seperti diatur dalam Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, Rosa juga didakwa melanggar ketentuan dalam Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Politikus Partai Golkar, Nusron Wahid mengaminkan jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka bergabung ke Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024