Tiga Bisnis Pencetak Untung Selama Puasa

Ilustrasi pengguna menelpon
Sumber :
  • telkomsel

VIVAnews - Kondisi bisnis di Indonesia selama kuartal III-2011 yang bertepatan dengan bulan puasa dan Lebaran diprediksi masih tetap menarik. Dua sektor bisnis yaitu komunikasi dan pengangkutan diperkirakan meraup untung selama periode Juli-September 2011. 

"Karena, saat ini bertepatan dengan Lebaran," ujar Deputi Neraca dan Analisis Badan Pusat Statistik (BPS), Slamet Sutomo, saat jumpa pers di kantor BPS, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2011.

Data BPS menunjukkan, sektor pengangkutan dan komunikasi diperkirakan mengalami peningkatan bisnis paling tinggi dengan nilai indeks tendensi bisnis mencapai 112,96.

Selain kedua sektor bisnis tersebut, BPS juga memperkirakan bisnis sektor makanan meningkat signifikan menjelang Lebaran. Diperkirakan nilai indeks tendensi bisnis sektor makanan akan menjadi 9,34 atau melonjak dibandingkan kuartal I-2011 yang hanya 4,04 persen.

Kondisi berbeda dialami oleh pelaku bisnis di sektor keuangan, real estat, dan jasa perusahaan. Kendati tetap tumbuh, ketiga sektor ini diperkirakan mengalami peningkatan kondisi bisnis terendah dengan nilai indeks sebesar 105,82.

BPS menilai, membaiknya indeks tendensi bisnis pada kuartal III disebabkan terjadinya peningkatan variabel order dari luar negeri, order barang input, order dari dalam negeri, dan harga jual kini dengan kontribusi dari masing-masing variabel yang relatif sama.

Namun, BPS mencatat faktor indeks order dari luar negeri mencapai angka tertingginya dengan nilai indeks sebesar 109,04. (art)

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?
Ilustrasi resesi ekonomi/ekonomi global

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyebut, risiko RI masuk ke jurang resesi masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024