Olahraga, Obat Mujarab Pembasmi Kanker

Olahraga dumbel
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Olahraga teratur seperti jalan cepat, berenang, bersepeda dan bermain bulu tangkis bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Anda perlu tahu, ada khasiat ajaib dari latihan fisik secara teratur, yakni menyembuhkan kanker.

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum

Sebuah penelitian mengungkap, pasien kanker yang melakukan olahraga secara teratur selama dan setelah menjalani pengobatan memiliki tingkat ketahanan hidup lebih tinggi.

Seruan untuk rajin berolahraga digaungkan oleh Macmillan Cancer Support. Seperti dikutip dari laman Times of India, menyarankan pasien kanker agar rajin berolahraga hanya beristirahat. Dan, setiap dokter dianjurkan agar meresepkan olahraga sebagai bagian dari perawatan kanker.

Sebuah tinjauan terhadap lebih dari 60 studi. Rata-rata studi menemukan, bahwa aktif selama pengobatan tidak memperburuk kesehatan pasien kanker, tidak menyebabkan kelelahan, dan bahkan berefek positif pada suasana hati dan kebahagiaan.

Setelah perawatan selesai, olahraga dapat mengurangi dampak dari efek samping, seperti pembengkakan, kecemasan, depresi, kelelahan saat bergerak, gangguan dan perubahan berat badan.

Studi untuk kegiatan amal ini juga menemukan, wanita dengan kanker payudara yang berolahraga selama 150 menit seminggu dengan intensitas sedang, 40 persen mengalami penurunan risiko kematian dan kekambuhan penyakit dibandingkan dengan wanita yang aktif kurang dari satu jam seminggu.

Macmillan Cancer Support pun menemukan, bahwa lebih dari setengah dokter, perawat, dan perawat onkologi kanker tidak pernah menginformasikan tentang manfaat olahraga untuk para pasien kanker.

"Jika latihan fisik adalah obat, akan menjadi tajuk utama," Kata Jane Maher dari Macmillan Cancer Support.

"Perlu perubahan budaya sehingga profesional di bidang kesehatan melihat aktivitas fisik sebagai bagian integral dari kanker aftercare, bukan hanya pilihan tambahan," ujarnya.

Jadi Apparel 4 Klub Liga 1, Jenama Lokal Ini Ingin Gebrak Internasional
Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata

Pratama Arhan kembali menjadi sasaran bully netizen Indonesia. Di media sosial, bek sayap kiri Indonesia U-23 itu mendapat banyak kritik dan hujatan karena gol bunuh diri

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024