Pemda Berpeluang Garap Blok Mahakam

Kepala BP Migas R Priyono
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) mendukung keinginan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur untuk memiliki penyertaan modal di Blok Mahakam.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Kepala BP Migas, R Priyono, menuturkan, pihaknya membuka kesempatan bagi daerah untuk berpartisipasi dalam pengelolaan industri hulu migas yang beroperasi di wilayahnya.

Dia menambahkan, bila daerah berminat terlibat dalam sektor hulu migas, sebaiknya pada wilayah kerja yang telah berproduksi, karena risikonya lebih kecil ketimbang terlibat sejak tahap eksplorasi.

Sementara itu, mengenai pembiayaan, Priyono menuturkan, pemda dapat menggandeng perbankan nasional. Harapannya, efek berkelanjutan yang dihasilkan akan lebih besar.

"Yang perlu diperhatikan adalah pembiayaan, karena industri migas butuh modal dan teknologi tinggi," kata Priyono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 11 Agustus 2011.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Priyono berharap, upaya keterlibatan daerah jangan sampai mengganggu iklim investasi. Namun, menurut dia, modal asing tetap diberlakukan, mengingat risiko sektor hulu migas sangat tinggi.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek, mengatakan  pemerintah Kaltim akan mengikuti aturan-aturan yang berlaku terkait rencana penyertaan modal di Blok Mahakam yang habis kontraknya pada 2017.

"Kami juga akan bekerja secara profesional. Dukungan BP Migas diperlukan untuk meyakinkan pemerintah pusat," kata Awang yang juga Ketua Forum Konsultasi Daerah Penghasil Migas (FKDPM).

Menurut dia, FKDPM memiliki komitmen memberi dukungan dan fasilitasi penuh kepada kontraktor migas. Sebab, daerah juga berkepentingan menjaga iklim investasi.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Awang berharap, program pengembangan masyarakat yang dilakukan kontraktor dapat melibatkan pemda sejak awal. Diharapkan ada sinergi antara program pemerintah dan kegiatan yang akan dilakukan kontraktor.

Dia melanjutkan, masyarakat harus merasakan kehadiran industri migas. Jangan sampai ada daerah penghasil migas, tapi krisis listrik. "Kebutuhan domestik, khususnya listrik di Kaltim harus mendapat prioritas," kata Awang. (art)

PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024