Tunggu Buka Puasa dengan Naik Bus Tingkat

Bus tingkat khusus untuk wisata di Solo
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Banyak cara dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Di Solo, Dinas Perhubungan setempat menawarkan warga naik bus tingkat wisara Werkudara. Khusus di bulan Ramadan, bus tingkat satu-satunya di Indonesia tersebut melayani ngabuburit mengelilingi Kota Solo. Tak hanya melayani carteran tetapi juga umum dan perorangan.

Bus tingkat tersebut memiliki tinggi sekitar 3 meter dan berwarna merah lengkap dengan gambar tokoh pewayangan Werkudara merupakan bus milik Pemerintah Kota Solo. Pengoperasian bus itu diserahkan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Pada hari biasa sebelum Ramadan, bus tersebut beroperasi jika ada carteran dari wisatawan maupun masyarakat umum.

Pada bulan Ramadan kali ini, Dishub Kota Solo pun menawarkan paket ngabuburit dengan naik bus tingkat Werkudara. “Ini cara untuk mempromosikan dan mensosialisasikan bus tingkat Werkudara sebagai bus wisata andalan Kota Solo,” kata Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Sudrajat, Kepada VIVAnews.com, Jumat, 12 Agustus 2011.

Menurut Yosca, ngabuburit sudah menjadi tradisi masyarakat muslim untuk menunggu waktu berbuka puasa. Hampir di semua daerah memiliki kegiatan tersebut. Karena Solo memiliki bus yang unik dan di kota lain tidak ada maka pihaknya pun memanfaatkan bus tingkat untuk ngabuburit.

“Bus tingkat menjadi ikon baru di Solo dan satu-satunya di Indonesia. Jadi, untuk mem-branding bus tersebut, kami mengoperasikan bus tersebut selama satu bulan penuh. Bus itu diberangkatkan sekitar pukul 15.00 WIB dari halaman Kantor Dishub Kota Solo di Manahan,” ujar dia.

Bus tingkat akan mengelilingi Kota Solo. Jarak tempuh untuk menempuh rute perjalanan sekitar 21 kilometer dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. “Biasanya bus tersebut kembali lagi ke Manahan bertepatan dengan buka puasa,” ujar dia.

Mengenai harga karcis naik bus tersebut, Yosca menyebutkan untuk retail dikenai harga Rp20 ribu per orang. Sedangkan untuk harga paket atau carteran dibanderol dengan harga Rp800 ribu.

“Khusus untuk retail jumlah penumpang minimal 25 orang dari jumlah total kapasitas 50 orang. Namun, setiap harinya jumlah penumpang selalu di atas jumlah batas minimal. Bahkan, setiap hari Sabtu dan Minggu jumlah penumpang selalu penuh,” katanya.

Selain penjualan secara retail, selama bulan Ramadan ini juga banyak yang mencarter. “Beberapa kali dicarter untuk mengangkut anak-anak panti asuhan yatim piatu keliling Kota Surakarta. Mereka semua merasa senang dan puas,” katanya. (Fajar Sodiq | Solo)

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya
Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Jarimu Harimaumu” pada tanggal 26 April 2024 di Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024