Program Serba Murah SBY di 2012

Pidato Kenegaraan Presiden SBY
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Pemerintah berjanji untuk terlibat langsung dalam penurunan kemiskinan melalui berbagai kebijakan. Bahkan, dari tahun ke tahun, program Pro-Rakyat atau program untuk rakyat miskin terus digulirkan dengan jumlah lebih besar dan dengan persebaran lebih luas. 

"Saat ini, pemerintah membagi program bantuan untuk rakyat miskin ke dalam empat klaster," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-66 di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2011.

Klaster pertama, menurut SBY, merupakan program bantuan dan perlindungan sosial, di antaranya berwujud beras murah untuk masyarakat ekonomi tidak mampu (raskin), Program Keluarga Harapan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan jaminan kesehatan masyarakat atau Jamkesmas.    

Klaster kedua, tambah Presiden, melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Kemudian, klaster ketiga melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Sementara itu, klaster keempat, kata SBY, yang mulai efektif pada 2012 dan dilaksanakan secara bertahap meliputi sejumlah program rumah murah dan sangat murah, kendaraan umum angkutan murah, air bersih untuk rakyat, listrik murah dan hemat, peningkatan kehidupan nelayan, serta peningkatan kehidupan masyarakat miskin perkotaan.

"Melalui empat klaster itu, kita berharap, kebijakan ini dapat menjadi langkah terobosan yang secara fundamental dapat menurunkan kemiskinan, sekaligus memperkuat ekonomi rakyat," tuturnya. (art)

Daihatsu Xenia Hilang Kendali Diduga Jalan Licin, Berakhir Nyungsep
Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Sangia Nibandera, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna mengajak Youtuber Korea Selatan ke hotel

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024