Keunggulan Bank Syariah Cegah Penipuan

Halim Alamsyah
Sumber :
  • thejakartapost.com

VIVAnews - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, mengatakan perbankan syariah mempunyai keunggulan dalam pencegahan fraud atau penipuan dibandingkan dengan bank konvensional. Pasalnya, perbankan syariah memiliki dewan syariah sebagai instrumen pengawasan.

"Di industri ini pertimbangan dewan syariah nasional sangat perlu, karena tidak semua produk bisa dijual perbankan," kata Halim di Jakarta, 18 Agustus 2011.

Selain itu dalam perbankan syariah, lanjutnya, terdapat suatu peraturan bernama ketentuan syariah yang seluruh sistim oprasional tunduk pada ketentuan ini. "Sistem yang ada ini jika dilakukan bisa mencegah korupsi," imbuh Halim.

Sistim pengawasan di industri perbankan terdiri dari beberapa lapis. Pertama, pengawasan oleh internal bank itu sendiri. Kedua, pengawasan oleh akuntan publik. Serta terakhir, pengawasan oleh bank sentral.

Pencegahan tindak pidana korupsi pada industri perbankan, Halim mengungkapkan akan lebih sempurna jika ditambah dengan pengembangan Sumber Daya Manusia yang baik pula.

"Bagaimana mencegah perilaku koruptif, tidak hanya disisi nasabah, tapi juga pegawai. Dibutuhkan kebutuhan insani. Kita perlu ubah mindset sumber daya insani dalam terapkan prinsip-prinsip syariah," tutur Halim. (ren)

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea
Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024