Uang Pecahan Lebaran Terserap Rp40 Triliun

Penukaran Uang Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Bank Indonesia menyediakan dana untuk penukaran uang cukup besar guna menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Secara nasional, kantor pusat menyediakan dana keperluan Ramadan sebesar Rp61,4 triliun," kata Kepala Bagian Pengelolaan Uang Keluar BI, Annie Farida Lubis, kepada VIVAnews.com di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu 24 Agustus 2011.

Viral Video Ikan Berjatuhan dari Langit

Namun, menurut Annie, hingga 22 Agustus 2011, dana yang terserap baru sebesar Rp40,9 triliun. "Jadi, penukaran uang masih sekitar 80 persen dari target," tuturnya.

Dia menuturkan, penukaran uang akan berakhir pada Jumat 26 Agustus 2011. "Kami tidak tahu, masih ada waktu dua hari lagi. Apakah penukaran uang ini akan memenuhi target atau di bawahnya," ujar Annie.

Mengenai penukaran uang di beberapa ruas tol seperti Cikampek, Jagorawi, dan Merak, Annie mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerja sama perseroan dengan PT Jasa Marga Tbk.

Annie menjelaskan, penukaran uang di jalan tol baru beroperasi pada 15 Agustus dan akan berakhir pada 26 Agustus 2011. "Tanggal 15 dan 23 Agustus di tol Jagorawi kilometer 10A. Sedangkan 16 Agustus di tol Cikampek kilometer 19A, dan kemarin di tol Merak kilometer 14A," ujarnya.

Terakhir, lanjut Annie, pada 26 Agustus di tol Cikampek kilometer 19A dan di Merak kilometer 14A.

"Kami berharap, masyarakat dapat mengambil kesempatan untuk menukar uang dan tidak perlu menukarkan uang di jalanan, karena kalau di jalanan bisa banyak uang palsu," ungkapnya.

Sementara itu, Annie melanjutkan, pada Ramadan tahun ini Bank Indonesia meningkatkan jumlah penukaran uang sebesar 12 persen dibandingkan 2010 sebesar Rp54,78 triliun. (art)

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series
Teuku Ryan

Terungkap Teuku Ryan Menyimpan Sakit Hati pada Ria Ricis Gara-gara Hal Ini!

Teuku Ryan blak-blakan mengaku tertekan bahkan merasa sakit hati dengan sikap Ria Ricis. Apa yang membuatnya merasa tak nyaman?

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024