Lifting Minyak Bumi Mulai Meningkat

kilang minyak
Sumber :
  • www.dpi.vic.gov.au

VIVAnews - Tim Pengawasan Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Bumi (TP3M) mencatat produksi minyak dan gas bumi nasional mulai meningkat. Hingga 22 Agustus 2011, rata-rata produksi bulan Agustus merupakan yang tertinggi selama 2011, yaitu produksi minyak 913 ribu barel per hari (bph) dan produksi gas 9.068 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

"Rata-rata 2011 untuk produksi minyak 905 ribu bph dan produksi gas 8.418 mmscfd," kata Ketua Tim TP3M, Danny Tampubolon dalam siaran persnya, Rabu 24 Agustus 2011.

Untuk lebih mendorong peningkatan produksi, dia melanjutkan, TP3M merekomendasikan agar diupayakan percepatan perizinan dan pembebasan lahan pemboran, pengadaan tambahan rig, peralatan, dan fasilitas produksi, penyelesaian masalah transportasi minyak, pemboran upside potential serta percepatan implementasi rencana waterflood.

Dari hasil pemantauan TP3M terhadap Rencana Kerja dan Anggaran Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) 2011 menunjukkan rencana pemboran 490 sumur pengembangan hingga Juli 2011 di seluruh Indonesia dapat terlaksana, walaupun pencapaian di setiap KKKS berbeda. Pemboran di beberapa KKKS yang memiliki potensi peningkatan produksi yang cukup besar tidak memenuhi rencana.

"Sedangkan realisasi pemboran sumur eksplorasi hingga Juli 2011, baik di Wilayah Kerja Eksplorasi maupun Wilayah Kerja Produksi, baru 33 persen atau 58 sumur dari 176 sumur dari rencana kerja 2011," katanya.

Menurut catatan TP3M, kendala yang dihadapi antara lain adalah masalah perizinan dan tumpang tindih lahan, teknis operasi dan ketersediaan data/peralatan, serta kemampuan manajemen KKKS. Khusus untuk sumur pengembangan juga terdapat kendala terbatasnya temuan lapangan baru, sehingga pemboran sebagian besar dilaksanakan pada lapangan yang sudah mature dan memerlukan manajemen reservoir yang semakin kompleks.

Untuk meningkatkan pemboran sumur pengembangan dan eksplorasi, TP3M merekomendasikan upaya untuk mempercepat  proses perizinan, memperbaiki strategi pengadaan rig, meningkatkan pemahaman karakteristik dan kinerja reservoir, meningkatkan ketersediaan dan kualitas data subsurface, dan meningkatkan pengawasan pelaksanaan komitmen eksplorasi dan pengembangan. (art)

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?
Viral keribuatan Avsec Bandara Soetta dengan penumpang

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Perselisihan antara petugas aviation security atau avsec dengan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024