Alasan RI Belum Masuk Investment Grade

Purbaya Yudhi Sadewa
Sumber :
  • istimewa (vivanews)

VIVAnews - Indonesia berpeluang masuk dalam daftar peringkat investasi atau investment grade. Sebab, Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi positif dan stabilitas politik bagus.

"Saya kira untuk tahun ini kita belum investment grade, karena masih terganjal di infrastruktur," kata Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa, kepada VIVAnews.com di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis 25 Agustus 2011.

Namun, Purbaya melanjutkan, pada 2012 Indonesia berpeluang memperoleh peringkat investment grade. Terutama, kalau masalah infrastruktur dapat diselesaikan. "Pembangunan infrastruktur kita masih macet. Terlihat dari pembangunan yang belum selesai dan anggaran yang belum terserap," ujarnya.

Dia menuturkan, permasalahan infrastruktur itu sudah diketahui sejak 2005 dan pemerintah mempunyai cita-cita untuk membangun infratruktur yang baik. "Dari sisi makro kita baik, ekonomi juga memenuhi syarat dan rasio utang aman," tutur Purbaya.

"Program sudah ada, tapi tidak terlihat pembangunan infrastruktur yang baik, jadi kita tunda dulu investment grade-nya," tambahnya.

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Sebelumnya, lembaga pemeringkat dari Jepang, Japan Credit Rating Agency, Ltd (JCR) menegaskan peringkat utang jangka panjang Indonesia dalam mata uang asing pada level BBB-. Sementara itu, peringkat utang jangka panjang dalam rupiah pada level BBB. Masing-masing peringkat tersebut dengan outlook stabil.

Dalam keterangan tertulisnya, JCR menyatakan penegasan peringkat itu mencerminkan tiga hal. Pertama, prospek pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan dukungan permintaan domestik yang solid.

Kedua, penurunan beban utang publik sebagai hasil dari pengelolaan fiskal yang berhati-hati. Ketiga, ketahanan perekonomian Indonesia terhadap tekanan eksternal, seiring peningkatan akumulasi cadangan devisa dan kapasitas pengelolaan utang luar negeri. (art)

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Terpopuler: Marselino Ferdinan Negara Lucu, Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23

Berita terkait Timnas Indonesia U-23 masih menjadi favorit pembaca VIVA sepanjang Sabtu 4 April 2024. Terutama adalah respons Marselino Ferdinan terharap kritik netizen.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024