Lebaran, Sampah Menggunung di Yogya

Alun-alun Kidul, Yogyakarta
Sumber :

VIVAnews - Malioboro menjadi tempat favorit bagi wisatawan dan pemudik di Yogyakata. Libur lebaran ini diperkirakan puluhan ribu wisatawan lokal dan asing berkunjung ke jantung Kota Yogyakarta ini.

Akibatnya sepanjang jalan yang menuju arah Kawasan Malioboro penuh dengan sampah yang dibuang sembarangan oleh para wisatawan. Irfan Susilo, Kepala Bidang Sampah Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, mengatakan pasca hari H Lebaran, volume sampah di Kota Yogyakarta sudah mulai mengalami kenaikan.

Diperkirakan sampah Kota Yogyakarta akan naik sekitar 15 persen dari hari biasa yang mencapai 700 meter kubik. "Dibanding hari biasa kenaikan sampah di kawasan Malioboro ini mencapai 15 persen dari hari biasanya," katanya, Kamis, 1 September 2011

Menurutnya pada hari Lebaran para tukang gerobak sampah libur sehingga sampah terus menggunung dan baru akan diambil ambil oleh para tukang sampah usai libur Lebaran. "Praktis sampah tampak menggunung karena tidak ada tukang gerobak sampah yang beroperasi."

Titik-titik peningkatan sampah katanya biasa terjadi di beberapa tempat wisata, seperti Gembiraloka, Malioboro, hingga Alun-Alun Utara Yogyakarta. Untuk mengantisipasi sampah yang kian menggunung, ratusan para petugas penyapu jalan Kota Yogyakarta tidak libur meski saat Lebaran, dan tetap bekerja seperti biasa.

Nurul Ghufron Disesak Mundur karena Kembali Bikin KPK Gaduh

Laporan Juna Sanbawa | Yogyakarta

Halal bihalal serikat pekerja

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

Ketua Umum SPPI Dodi Nurdiana, menjelaskan tantangan ke depan menuntut konsolidasi kekuatan pekerja pelabuhan untuk menyeimbangkan antara kepentingan pekerja dengan lainn

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024