Ukuran Tubuh Pengaruhi Karier

Ilustrasi Pria dan Wanita
Sumber :
  • santirakaz.blogspot.com

VIVAnews - Tak hanya sekedar kemampuan yang memengaruhi kecemerlangan karier seorang karyawan. Sebuah studi terbaru menyebut, bentuk tubuh memberi andil yang cukup signifikan pada penghasilan seseorang.

Pria bertubuh lebih kurus rata-rata memiliki gaji lebih kecil daripada pria berukuran normal. Hal sebaliknya terjadi pada wanita. Mereka yang bertubuh lebih langsing memperoleh bayaran lebih tinggi ketimbang karyawan wanita lain.

Seperti dikutip Washington Post, para ahli menegaskan hal ini merupakan 'aturan sosial' yang ada di masyarakat dan telah membudaya. Masyarakat masa kini menginternalisasi fisik ideal hingga ke area profesional.

Peneliti Timothy Judge dan Daniel Cable menemukan, wanita bertubuh langsing di Amerika Serikat memperoleh pendapatan rata-rata lebih tinggi sekitar US$16.000 setara Rp137 juta per tahun. Sebaliknya, pria bertubuh kurus memperoleh Rp68,5 juta lebih sedikit daripada pekerja dengan ukuran normal.

Pakar ini menyatakan, masalah kesenjangan gaji salah satunya disebabkan keputusan bawah sadar berdasar stereotipe. Di kehidupan sosial, individu yang mengalami obesitas dipandang sebagai pekerja yang tidak disiplin, tidak produktif, dan cenderung melakukan perbuatan yang tidak jujur.

Sebaliknya, peneliti menunjukkan, bahwa perusahaan cenderung menilai karyawan wanita bertubuh ideal memiliki disiplin diri, hemat, pekerja keras dan positif. Para peneliti menyarankan agar perusahaan mengubah persepsi berdasarkan berat badan karena hal ini hanya berdasar prasangka.

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun
Brandon Salim dan Dhika Himawan

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Proses kejutan untuk melamar Dhika Himawan cukup panjang, pertama-tama, Brandon Salim meminta restu pada orang tua Dhika Himawan pada 29 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024