KPK Tahan Auditor BPK Manado

Ilustrasi/Pelaku kejahatan.
Sumber :
  • canada.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bahar, selaku Ketua Tim Pemeriksa BPK, dan Muhammad Munzir, pimpinan tim pemeriksa BPK di Manado. Keduanya diduga menerima suap dari Walikota Tomohon non aktif, Jefferson Rumanjar.

"Ditahan untukĀ  20 hari ke depan, tersangka B dititipkan di Rutan Bareskrim Mabes Polri, sedangkan MM ditahan di Rutan Polda Metro Jaya," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, dalam siaran persnya di Jakarta. Kamis, 8 September 2011.

Hasil penyidikan, kata Johan, ditemukan saat melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Tomohon tahun anggaran 2007. Para tersangka diduga menerima suap dari Jefferson Rumanjar Rp600 juta. Jefferson pun sudah menjadi tersangka dalam kasus ini.

"Pemberian tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan opini hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemda Tomohon TA 2007 yang lebih baik dari Tidak Memberikan Pendapat [Disclaimer] menjadi Wajar Dengan Pengecualian [WDP]," ujarnya

Selain itu, kedua tersangka saat melakukan pemeriksaan laporan keuangan Kota Tomohon mendapatkan fasilitas berupa hotel dan sewa kendaraan yang pembayarannya menggunakan dana Pemkot Tomohon sebesar Rp7,5 juta.

Atas perbuatannya kedua tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHAP.

Selain kasus ini, Jefferson sudah dinyatakan terbukti bersalah menyelewengkan APBD Tomohon tahun 2006-2008. Dia divonis 9 tahun penjara dengan denda Rp200 juta subsider 2 bulan.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP
Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024