Tak Sehat, Makan Sambil Bekerja

ngemil bugar
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Pekerjaan yang menumpuk atau dikejar deadline membuat sebagian orang mengesampingkan makan. Bahkan, tak jarang menikmati santap siang di meja kerja.

Mereka mengunyah makanan sambil mengetik, mondar-mandir mengambil barang, atau menelepon. Mereka yang seharusnya bisa menandaskan makanan di piring dalam 15 menit, akhirnya baru menyelesaikan makannya hingga lebih satu jam.

Tahukah Anda, jika kebiasan tersebut sering dilakukan, tubuh Anda tidak akan menyerap sempurna kandungan nutrisi dalam makanan. Bahkan, kebiasaan itu akan mengganggu saluran pencernaan.

Sebab, mengunyah makanan dalam kondisi tak tenang atau stres akan membuat enzim-enzim pencernaan tidak bisa bekerja baik. Karenanya, luangkan waktu 10 menit untuk menikmati makanan sehingga memberi kesempatan bagi enzim pencernaan bekerja dengan baik.

Brigid McKevith, ahli nutrisi dari British Nutrition Foundation, mengingatkan bahwa kebiasaan makan yang salah dapat memicu munculnya gangguan kesehatan. "Kenali kebiasaan-kebiasaan buruk Anda, jangan sampai menjadi gaya hidup sehari-hari," katanya, seperti dikutip dari Daily Mail.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi
Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kuntadi

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Kejaksaan Agung RI mengungkap lima tersangka baru kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024