Peringkat Surat Utang 3 Bank Besar AS Turun

Perusahaan Wells Fargo
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Lembaga pemeringkat internasional, Moody's Investors Services, mengumumkan penurunan peringkat surat utang tiga bank terbesar di Amerika Serikat yaitu Citigroup, Wells Fargo, dan Bank of America.

Seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis, 22 September 2011, disebutkan ketidaknyamanan pemerintah AS untuk memberikan suntikan dana bagi pemberi kredit terbesar itu menjadi salah satu penyebab penurunan peringkat surat utang.

Pemerintah AS tampaknya akan membiarkan bank terbesar itu jatuh saat ini dibandingkan ketika krisis keuangan melanda.

Moody's menurunkan peringkat surat utang berupa senior debt jangka panjang Bank of America dari sebelumnya A2 menjadi Baa1. Untuk surat utang jangka pendek diturunkan dari Prime 1 ke Prime 2.

Sementara itu, peringkat surat utang jangka pendek Citigroup diturunkan menjadi Prime 2 dari sebelumnya Prime 1. Moody's juga memastikan peringkat surat utang jangka panjang dari bank terbesar ketiga AS ini menjadi A3. Surat utang jangka pendek dan jangka panjang dari anak usaha Citibank itu masing-masing menjadi level A1 dan Prime-1.

Untuk Wells Fargo & Co's, Moody's memutuskan penurunan peringkat surat utang jangka panjang dari sebelumnya A1 menjadi A2. Sementara itu, untuk peringkat simpanan (deposit) Wells Fargo turun menjadi Aa3.

Terhadap ketiga bank terbesar di AS tersebut, Moody's tetap memberikan outlook negatif.

Gerindra Siapkan 4 Nama Ini di Pilkada Jakarta

BoA yang merupakan bank terbesar di AS dari segi aset, saat ini sedang berupaya menyelesaikan masalah kredit perumahan yang mencapai miliar dolar AS, proses pengadilan, serta tekanan untuk menaikkan modal agar sesuai dengan ketentuan hukum.

Moody's menganggap risiko penularan kejatuhan satu bank ke perbankan lain saat ini dianggap sangat akut. Hal itu terjadi setelah munculnya reformasi kebijakan finansial, Dodd-Frank, yang mengurangi persaingan di antara institusi keuangan.

Ketika bank semacam Lehman Brothers kolaps pada September 2008, utang dan obligasi yang dimilikinya telah menciptakan gejolak pada sistem keuangan global. (art)

Rizky Billar

Sindir Netizen Lewat Unggahan Bareng Baby L, Rizky Billar Bilang Apa?

Rizky Billar membuat unggahan yang  bernada sindiran kepada hatersnya. Rizky Billar terlihat berpose bersama putranya di atas mobil sport. Apa yang ditulis Billar?

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024