Banggar DPR: Kami Tak Mogok Bahas RAPBN

Ketua Banggar Melchias Marcus Mekeng
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Ketua Badan Anggaran DPR, Melchias Markus Mekeng, menegaskan bahwa Banggar tidak melakukan boikot pembahasan anggaran Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2012. Menurutnya, pembahasan RAPBN masih berjalan seperti biasa.

“Kami tidak mogok. Pembahasan RAPBN yang masuk mulai bulan Mei, masih jalan. Pokok-pokok kebijakan fiskal dan nota keuangan yang masuk siklus pembahasan APBN, kami bahas,” kata Mekeng kepada VIVAnews, Jumat 23 Desember 2011.

“Tapi untuk sementara, pembahasan itu kami serahkan kepada pimpinan dewan, sampai ditemukan kesamaan pandangan soal pemanggilan Banggar oleh KPK,” imbuh Mekeng. Ia meminta KPK membedakan antara kedudukan Banggar sebagai institusi, dengan oknum tak bertanggung jawab yang mungkin ada di antara keanggotaan Banggar.

“Oleh karena itu, kami minta pimpinan DPR untuk menggelar rapat konsultasi dengan penegak hukum, untuk menyamakan persepsi,” ujar Mekeng. Tuntutan Banggar itu langsung direspon oleh pimpinan dewan. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengkonfirmasi, rapat konsultasi akan digelar pekan depan.

“Dalam rapat itu, pimpinan DPR nantinya akan didampingi oleh pimpinan Banggar, pimpinan komisi, dan pimpinan fraksi,” jelas Priyo. Ia pun mengatakan, tidak tepat apabila pimpinan Banggar diberitakan memboikot pembahasan anggaran. “Mereka hanya kirim surat ke pimpinan dewan, yang intinya bermaksud mengembalikan mandat dan tugas mereka ke DPR,” ujar Priyo.

Sebelumnya, KPK memanggil 4 pimpinan Banggar DPR terkait kasus dugaan suap di Kementerian Tenaga Kewrja dan Transmigrasi. Namun Banggar mengeluhkan pemeriksaan tersebut, karena menurut mereka, pemeriksaan KPK bukan mengenai indikasi tindak pidana korupsi, melainkan proses pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh Banggar.

“Banggar itu kan membahas UU bersama pemerintah. Kalau sudah diketok jadi UU, lalu keputusan itu disalahgunakan, lantas kami diseret-seret, itu tidak fair,” kata Mekeng. Ia berharap KPK tidak sembarangan memanggil pihak-pihak untuk dimintai keterangan, termasuk Banggar.

Ledakan Terjadi di PT San Xiong Steel Lampung, 3 Karyawan Alami Luka Bakar
Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Ceritakan Pengalaman Pertama Lewat Cinta yang Salah

Selain memiliki minat dalam olahraga beladiri seperti Boxing dan Muay Thai, kini Fabienne Nicole memilih untuk menjelajahi industri musik sebagai seorang penyanyi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024