Petinggi BUMN Siap Kena Reshuffle

SBY pimpin rapat terbatas kabinet bahas RUU Pemda
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews - Selain jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, pemerintah juga berencana merombak direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Reshuffle direksi BUMN itu akan diikuti dengan penilaian kinerja perusahaan.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Namun, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Ignatius Jonan, enggan memberikan komentarnya terkait rencana reshuffle jajaran direksi BUMN oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

"Kok tanya saya, memang saya presiden. Tidak tahu saya," ujar Ignatius saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin 26 September 2011. Bila rencana reshuffle tersebut akan terealisasi, Ignasius mengaku siap.

Ditanya apa kegiatannya jika tidak lagi menjabat direksi PT KAI, Ignatius berencana kembali ke industri perbankan, tempat di mana dia bekerja sebelumnya. "Saya kira masih diterima," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Frans Sunito, mengaku pasrah jika Presiden merombak jajaran direksi BUMN. "Saya tidak pernah mikirin tuh, kalau mau reshuffle ya reshuffle. Tidak ada masalah," tuturnya.

Senada dengan Ignatius, Frans pun menyatakan kesiapannya jika memang direksi BUMN dirombak. "Tentu saja siap. Kami kan hanya diberi tugas. Tidak ada masalah," tuturnya.

Ditanya mengenai kinerja Jasa Marga sejauh ini, ia tidak bisa memberikan pendapatnya. "Saya tidak bisa menilai diri sendiri. Silakan saja tanya yang lain," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menegaskan selain menteri dan direksi BUMN, sejumlah pimpinan lembaga-lembaga pemerintahan non kementerian turut dievaluasi oleh Presiden.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Rencananya, perombakan besar-besaran ini akan dilakukan pada Oktober 2011.

"Ya, yang di bawah Presiden juga ada, lembaga pemerintahan non kementerian juga ada. Itu juga dievaluasi Presiden," ujar Hatta saat ditemui di kantor Menko Perekonomian.

Terkait reshuffle di jajaran direksi BUMN, Hatta mengatakan, hal tersebut dilakukan karena kinerja pimpinan perusahaan milik pemerintah itu tak luput dari pengawasan dan evaluasi dari Presiden.

Di samping menilai kinerja direksi BUMN, Presiden juga akan mempertimbangkan pergantian direksi perusahaan pelat merah yang sudah mulai memasuki masa berakhirnya jabatan.

Isu reshuffle ini, tambah Hatta, tidak mengganggu kinerja para menteri dalam melaksanakan keseharian tugasnya. "Kan belum tentu juga pasti di-reshuffle, kita kan tidak tahu. Kan Presiden yang tahu," ujarnya. (art)

Indonesia vs China Lewat One Pride MMA-WLF Teken Kerja Sama: Are You Ready?

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Sembilan petarung One Pride MMA Indonesia akan tampil dalam pertandingan internasional pada Juni 2024 mendatang. Mereka menghadapi para petarung asal China.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024